ads

MALANGTODAY.NET – Mark Zuckerberg nampaknya belum puas mengintai kehidupanmu dengan menyapamu setiap hari, menanyakan apa yang kamu pikirkan, merayakan ulang tahunmu bahkan menanyakan status hubunganmu. Setelah semua yang dilakukan Facebook pada hidupmu, kini sosial media tersebut benar-benar akan masuk ke rumahmu. Facebook akan memasang kamera dan mikrofon di dalam rumahmu!

Jejaring sosial tersebut berencana untuk merilis perangkat keras konsumen pertama bernama Portal dan dibandrol sebesar $ 499 atau setara Rp 6,6 juta. Perangkat ini terdiri dari layar 15 inci, kamera sudut lebar dengan sistem pemindai wajah dan mikrofon untuk memungkinkanmu mengoperasikannya dengan pemindai wajah dan suara.

Diharapkan pengguna nanti lebih mudah saat mengakses jejaring sosial tersebut. Dengan Portal, kamu bisa masuk ke akun Facebookmu hanya dengan memindai wajah dan suara lansung di dalam rumah. Selain itu Portal juga akan memudahkanmu berinteraksi dengan pengguna Facebook lainnya seperti melakukan panggilan, video call dan lain sebagainya.

Perangkat ini telah dirancang oleh salah satu departemen Facebook yang sangat rahasia yang disebut Building 8. Kabarnya departemen ini juga tengah mengembangkan teknologi membaca pikiran manusia.

“Alih-alih mempromosikan perangkat seperti asisten pintar yang mirip dengan pengeras suara Echo Amazon, Facebook bermaksud mempromosikan Portal sebagai cara untuk keluarga dan kerabat supaya bisa tetap terhubung melalui video call dan fitur sosial lainnya,” tulis situs cheddar.com yang pertama kali mempublikasikan kabar ini.

Dilansir dari cheddar.com, Facebook merencanakan pengenalan produk secara resmi pada awal Mei di konferensi pengembang tahunan mereka dan berharap bisa merilis perangkat ini pada paruh kedua tahun 2018.

Terlepas dari implikasi privasi yang berpotensi muncul akibat pemasangan kamera dan mikrofon Facebook di dalam rumamu, ada kesalahan lain pada gadget ini: harganya hampir sama dengan iPhone atau iPad namun mungkin lebih murah.

Meski pihak sosial media paling populer tersebut belum secara resmi berkomentar, Andrew Bosworth, wakil presiden perusahaan pengembang dan virtual reality, menulis di Twitter: ‘Tidak bisa mengomentari spekulasi yang muncul, tapi (saya) bisa mengonfirmasi bahwa ini akan menjadi tahun yang menyenangkan bagi AR / VR’.

Building 8 adalah divisi Facebook paling dirahasiakan, yang dulu dipimpin oleh Regina E. Dugan, mantan bos Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), yang didedikasikan untuk penelitian militer. Tahun lalu, Facebook mengaku melakukan risetnya sendiri tentang pengerjaan teknologi yang bisa membaca pikiran orang sebanyak 100 kata per menit.

Lantas setelah membaca isi rumah kita, apakah Mark Zuckerberg juga ingin tahu apa isi kepala kita?