Makin Parah, Empat Kementerian Rancang Aturan Batas Pakai Gadget Bagi Anak
Ilustrasi anak ebrmain gadget @Digital Trends

MALANGTODAY.NET – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dan Kementerian Agama (Kemenag) tengah merancang regulasi untuk membatasi penggunaan gadget. Rencananya, regulasi ini akan berbentuk Peraturan Menteri Bersama.

Hal ini disadari karena kekhawatiran pemerintah akan hambatan perkembangan anak menuju puncak bonus demografi pada 2030. Secara kalkulatif, masyarakat Indonesia akan mencapai jumlah masyarakat usia produktif sebesar 70 persen pada 2030 nanti.

Baca Juga: Siap Rilis, Ini Kabar Terbaru Orang Pertama yang Menginisiasi Proyek Esemka

Mengenai hal ini, Sekretaris Menteri PPPA Pribudiarta Nur Sitepu menilai bahwa kebiasaan ini akan berakibat pada permasalahan hidup yang tak tertangani sejak dini.

“Bonus demografi bisa kehilangan momentum kalau kemudian permasalahan terkait anak yang menyebabkan penurunan kualitas hidup anak tidak bisa tertangani dengan baik,” kata Pri, panggilan akrabnya, dilansir dari Kompas.com, Selasa (16/10/2018).

Meniru Cara Korsel
Meniru Cara Korsel
Ilustrasi anak bermain gadget @The Straits Times

Salah satu contoh negara yang berhasil menerapkan aturan pembatasan penggunaan gadget adalah Korea Selatan (Korsel). Pemerintah Korsel menetapkan aturan batasan penggunaan internet di malam hari untuk anak di bawah usia 18 tahun.

Baca Juga: YouTube Tumbang! Gak Usah Lebay Menghubungkan Ini dengan Azab Lho

Pemerintah Korsel sendiri telah bekerja sama dengan perusahaan games agar password diketahui oleh orang tua, bahkan hanya diketahui oleh orang tua untuk meningkatkan pengawasan tersebut. “Jadi beradai di bawah supervisi orang tua. Di China juga sudah berlaku,” tandas pakar kesehatan jiwa, dr. Kristiana Siste Kurniasari, SpKJ (K) dilansir dari Kompas.com.

Sejauh ini, pihak pemerintah belum mengonfirmasi secara pasti bentuk penerapan pembatasan penggunaan gadget lewat ranah pendidikan atau ranah lainnya.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...