Definisi Kilogram akan Berubah, Ini Pengaruhnya dalam Kehidupan
Ilustrasi (New Atlas)

MALANGTODAY.NET – Hari ini Jumat (16/11/2018) para ilmuwan memutuskan untuk mengubah definisi kilogram dalam Konferensi Umum tentang Beran dan Ukuran di Prancis. Perubahan ini berkaitan dengan fenomena abadi alam: Konstanta Planck.

Sebelumnya, beberapa pengukuran yang ada dalam sistem satuan internasional (SI) pernah didefinisikan oleh fenomena fisik, contohnya detik. Satuan waktu ini didefinisikan atau didasarkan pada kecepatan perputaran bumi. Namun kini detik lebih didefinisikan oleh periode radiasi dalam atom caesium 133.

Baca Juga: Puskesmas Arjuno, Puskesmas Santun Lansia

Kilogram sendiri merupakan satuan dasar terakhir yang hingga kini berkaitan dengan objek fisik. Jadi berat kilogram ini ditentukan oleh sebongkah logam yang ditampung di bawah tanah di International Bureau of Weights and Measures (BIPM) di Perancis.

Logam ini merupakan sebuah campuran dari platina dan iridium. Batang logam yang dijadikan sebagi ukuran kilogram ini telah dibuat sejak tahun 1880-an. Jadi dengan kata lain logam ini sudah berumur 130 tahun. tetapi stabilitasnya hanya dapat dilaporkan melalu sebuah prosedur yang sulit dan sangat berpotensi tidak akurat. Oleh karena itu, jika disetujui, penentuan kilogramakan menggunakan konstanta fundamental fisika kuantum.

“Menggunakan konstanta universal sebagai landasan untuk konsep penting seperti massa dan waktu. Berarti kita memiliki landasan yang stabil untuk memajukan pemahaman ilmiah kita, mengembangkan teknologi baru dan mengatasi beberapa tantangan terbesar masyarakat,” ucap Direktur BIPM Martin Milton, dikutip dari Tirto.id pada Jumat (16/11/2018).

Pendefinisian ulang ini akan dilakukan pada tiga satuan SI lainnya yaitu, ampere, kelvin, dan mol. Tidak hanya itu, satuan turunan yang berasal dari satuan tersebut seperti volt, ohm dan joule juga akan mengalami perubahan.

Baca Juga: Penganut Bumi Datar Gelar Konferensi Internasional untuk Bahas Ini

Pengaruh perubahan definisi

Perubahan terhadap definisi satuan-satuan tersebut tidak akan berdampak besat terhadap kehidupan sehari-hari. Namun, mengutip dari Tempo.co, perubahan tersebut akan sangat berpengaruh pada industri dan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pengukuran besaran dan satuannya.

Jika disetujui perubahan ini akan mulai berlaku pada 20 Mei 2019 mendatang. Pertemuan tersebut diikuti oleh para ilmuwan dari 60 negara di dunia.


Penulis: Kistin Septiyani
Editor: Kistin Septiyani

Loading...