Dalam Dua Hari Ini Performa Internet Anda Kurang Oke? Ini Penyebabnya
Ilustrasi gangguan internet @ Baca

MALANGTODAY.NET – Sejak Sabtu (13/10/2018), tersiar bahwa jaringan internet di seluruh dunia akan mengalami gangguan selama 48 jam.

Menurut organisasi Corporation of Assigned Names and Numbers (ICAAN), gangguan yang akan dialami jaringan internet di sleuruh dunia disebabkan oleh adanya pemeliharan dalam domain server (DNS) serta sisi infrastruktur jaringan.

Baca Juga: Bumi Diserbu Sinyal Asing dari Galaksi Lain, Halo Alien?

Sebagai rumah dari domain di internet, DNS tengah melakukan pembaharuan dan perbaikan sistem kriptografi di infrastruktur internet. Sistem kriptografi baru ini demi melidungi DNS dari peretas serta mencegah dan memerangi beberapa penyadapan yang belakangan semakin marak.

Meskipun memang akan memberikan dampak, namun ICAAN membeberkan bahwa hanya 1% dari total pengguna internet di seluruh dunia saja yang akan merasakan dampak aktivitas ini secara langsung. Sedikit bagian yang akan merasakan dampak tersebut terutama para pengguna yang terhubung dengan Internet Service Provider (ISP) yang belum memperbaharui DNS resolver ke versi paling baru.

Baca Juga: Mimpi Bisa Ditafsirkan Secara Psikologis, Ini Penjelasannya

Menanggapi hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengimbau para pengguna internet di Indonesia untuk tidak terlalu khawatir. Proses perawatan ini sejatinya memang telah diprediksi sejak dua tahun yang lalu.

Kominfo hanya mengimbau kepada para ISP untuk memperbaharui DNS resolver paling baru supaya semakin sedikit pengguna internet di Indonesia yang merasakan dampak dari aktivitas tersebut.

Baca Juga: Leher Hitam Bikin Ilfeel? Ini Cara Menghilangkannya

Apabila ada salah satu dari Anda yang mendapati performa internet tak sebaik biasanya, mungkin penyedia jasa internet (ISP) yang Anda gunakan belum memasang DNS Resolver terbaru.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika