Ilustrasi seorang pria memeriksa mesin mobil dan menemukan ular (Istimewa)
Ilustrasi seorang pria memeriksa mesin mobil dan menemukan ular (Istimewa)

MALANGTODAY.NET Ingin membeli mobil baru namun harga belum cocok, barang seken dapat menjadi solusi. Seperti membeli barang pada umumnya, kita sudah pasti akan mengeceknya sebelum membeli apalagi produk seken. Semua tentu dilakukan agar tidak menyesal dikemudian hari.

Untuk mobil, pengecekan biasanya dilakukan mulai dari eksterior, interior, hingga kondisi performa mesin. Jika ingin membeli mobil seken, tentu akan ada pengecekan ekstra agar dapat diketahui rekam jejak kondisi mobil tersebut.

Termasuk, mengecek apakah mobil tersebutpernah mengalami kecelakaan atau tidak. Karena kondisi mobil sulit untuk bisa sama persis pada bagian tertentu jika terjadi kecelakaan meskipun telah diperbaiki.

Sukendi, seorang Insperktur Kendaraan OtoSpector memaparkan apa-apa saja bagian mobil yang di cek jika tidak ingin hal-hal tersebut terjadi. Pengecekan dimulai dari bagian sealer pintu.

“Ceknya sealer ditekan saja, kalau masih lunak berarti itu asli buatan APM, namun jika agak keras bisa terindikasi bekas tabrak,” ujar Sukendi dikutip dari laman GridOto, Jumat (25/1/2019).

Setelah itu, Sukendi juga menyebut sebaiknya bagian pilar diperiksa apakah nampak bekas kecelakaan atau tidak. Begitu juga dengan kaca baik depan maupaun belakang. Periksa secara seksama apakah masih orisinil bawaan pabrik atau sudah diganti yang lain.

“Ketebalan cat mobil juga diukur apakah ada bekas didempul, untuk ukuran normal cat itu sekitaran 5 mm, yang sudah didempul bisa mencapai 20 mm,” lanjutnya.

Yang terpenting menurutnya ialah waspada saat mobil yang dibawa berkendara tidak stabil. Jika benar, maka bukan tidak mungkin kendaraan tersebut ada indikasi pernah tertabrak. (HAM)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.