GP Ansor Polisikan Akun Penghina Jokowi Hingga Ketum NU
Ilustrai pengguna Facebook @telsel.id

MALANGTODAY.NET – Facebook dalam waktu dekat akan memberikan tips kepada para penggunanya mengenai cara mengenali berita palsu atau hoax.

Facebook akan memberikan panduan kepada para pengguna di 14 negara untuk menyikapi fenomena berita palsu.

“Kami menggali cara untuk memberikan orang-orang lebih banyak konteks tentang peristiwa sehingga membantu mereka mengambil keputusan apa yang akan dibaca, dipercaya, dibagikan serta memberi akses ke lebih banyak perspektif topik yang mereka baca,” kata Adam Mosseri dari Facebook.

Mulai Jumat (7/4) waktu setempat, pengguna akan menerima pemberitahuan tentang “false news”, istilah yang digunakan Facebook untuk berita fabrikasi.

Berikut ini adalah rangkuman bunyi tips tersebut:

  1. Ragukan judul

Judul berita palsu biasanya menarik, menggunakan huruf kapital dan tanda seru. Terkadang fakta yang ditulis di judul meragukan.

  1. Perhatikan URL

Banyak berita palsu yang meniru sumber berita resmi dengan memberi sedikit perubahan di URL. Biasakan bandingkan URL yang diberikan dengan sumber resmi.

  1. Cek sumber

Pastikan berita berasal dari sumber yang terkenal dengan akurasi. Bila berasal dari situs yang belum pernah Anda dengar, periksa rubrik “About” atau “Tentang Kami” untuk mengenalinya.

  1. Perhatikan format

Beberapa berita palsu menggunakan ejaan atau tata bahasa yang salah, juga tata letak yang tidak lazim.

  1. Cek foto

Berita palsu sering menggunakan foto atau video hasil manipulasi. Terkadang, foto benar tapi tidak sesuai konteks. Gunakan mesin pencari untuk mengetahui asal foto itu.

  1. Periksa tanggal

Berita palsu bisa menggunakan waktu yang tidak masuk akal atau tanggal tidak sesuai.

  1. Cek bukti

Cek sumber yang ditulis untuk memastikan kebenaran. Kurang bukti atau tidak mencantumkan nama sumber mengindikasikan berita palsu.

  1. Bandingkan dengan berita lain

Bila tidak ada berita lain melaporkan hal sama, bisa jadi itu berita palsu.

  1. Lelucon

Terkadang berita palsu sulit dibedakan dari artikel humor. Periksa apakah sumber berita terkenal dengan lelucon. Baca baik-baik rincian cerita dan perhatikan nada tulisan apakah bertujuan untuk bercanda.

  1. Berpikir kritis

Beberapa berita sengaja dibuat tidak sesuai. Pikirkan baik-baik berita yang Anda baca lalu bagikan hanya artikel yang Anda yakini terpercaya.

Demikian dikutip dari Antara dari laman The Telegraph.(zuk)

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here