Hujan meteor (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Tahun 2019 telah menjelang. Jika tahun 2018 lalu ada begitu banyak fenomena alam yang terjadi, tahun ini juga tak sedikit fenomena-fenomena yang sangat mengagumkan. Nah, mengutip dari CNN Indonesia, pada Selasa (1/1/2019), berikut ini fenomena alam menakjubkan sepanjang 2019.

Hujan Meteor Quadrantis
ilustrasi hujan meteor @hindustan times

Di awal 2019 ini akan ada hujan meteor dengan intensdtas 50 sampai 100 meteor per jamnya. Fenomena ini diperkirakan akan terjadi pada tanggal 3 Januari mendatang. Hujan meteor ini dapat disaksikan mulai jam 9 malam hingga subuh dengan syarat cuaca cerah dan terbebas dari polusi cahaya.

Super Moon
Siap-siap, Supermoon Terbesar Akan Muncul di Tahun 2018
Ilustrasi Supermoon (Istimewa)

Pada 19 Februari nanti, kita dapat melihat fenomena supermoon. Saat fenomena ini terjadi, bulan akan terlihat lebih besar dan lebih terang. Bulan akan berada 356.800 kilometer dari Bumi. Dengan jarak tersebut, bulan akan terlihat 30 persen lebih terang dan 14 persen lebih besar dari biasanya.

Gerhana Bulan Parsial
Catat! Inilah 5 Fenomena Alam yang Tersisa Tahun Ini, Besok Juga Ada, Loh!
Gerhana Bulan di Yunani pada tahun 2017 @ Costas Baltas / Reuters file

Pada 17 Juli mendatang, Indonesia akan mengalami gerhana bulan sebagian, atau gerhana bulan parsial. Hal ini terjadi karena bayangan umbra Bumi menutupi bulan hingga 65 persennya. Kita bisa melihat fenomena ini dari pukul 03.01 WIB sampai dengan 05.59 WIB.

Hujan Meteor Perseid
Hujan Meteor Perseid (Istimewa)
Hujan Meteor Perseid (Istimewa)

Hujan meteor akan kembali memenuhi langit pada 13 Agustus 2019. Hujan meteor kali ini memiliki intensitas yang cukup tinggi yaitu 50-100 meteor per jamnya. Hujan meteor kali ini bisa dengan mudah diamati karena serbuk meteornya berwarna cerah.

Hujan Meteor Orionid
Meteor orionid (Istimewa)

Hujan meteor yang merupakan serpihan dari Komet Halley ini memang memiliki intensitas yang tak terlalu tinggi yaitu 10-20 meteor per jam. Namun tidak ada salahnya menyaksikan fenomena cantik ini di tanggal 21 Oktober mendatang.

Hujan Meteor Geminid
Catat! Inilah 5 Fenomena Alam yang Tersisa Tahun Ini, Besok Juga Ada, Loh!
Geminid Meteor Shower (Gospelherald)

Fenomena ini dapat disaksikan pada 14 Desember 2019 mendatang. Hujan meteor ini memiliki intensitas hingga 80 meteor per jamnya. Hujan meteor geminid bisa disaksikan dengan mata telanjang di seluruh belahan dunia mulai dari pukul dua dini hari.

Gerhana Matahari Cincin
Catat Tanggalnya! Ini Fenomena Alam Menakjubkan Sepanjang 2019
Gerhana matahari cincin (Riaumandiri)

Pada 26 Desember mendatang, beberapa wilayah Indonesia di dekat garis katulistiwa akan dapat menyaksikan gerhana matahari cincin. Namun, di luar wilayah tersebut hanya akan mengalami gerhana matahari parsial.


Penulis : Kistin S
Editor : Kistin S

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.