Cahaya hasil uji roket AZURE yang mirip dengan wajah Alien @NASA
Cahaya hasil uji roket AZURE yang mirip dengan wajah Alien @NASA

MALANGTODAY.NET – Warga Norwegia dikejutkan dengan penampakan cahaya di langit yang membentuk wajah alien. Kejadian tersebut tertangkap kamera pada Jumat (5/4/2019) lalu. Jika diamati lebih lama, cahaya tersebut memang menginterpretasikan wajah alien atau bisa juga menjadi hantu yang melayang.

Namun, apakah cahaya ini benar adalah wajah alien? Ternyata tidak. Hal ini disangkal oleh Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA). NASA mengatakan cahaya ini muncul akibat uji roket yang dilakukannya.

NASA mengaku pihaknya tengah menerbangkan roket untuk mempelajari aliran angin di ionosfer. Roket tersebut adalah Auroral Zone Upwelling Rocket Experiment (AZURE).

“Misi tersebut akan menganalisis interaksi garis medan magnet Bumi dan partikel dari ruang angkasa yang membombardir planet kita,” ungkap NASA dilansir dari LiveScience (8/4/2019).

Percobaan tersebut kemudian memunculkan efek cahaya warna-warni yang bisa dilihat oleh penduduk Bumi. Nampak ada tiga cahaya yang muncul saat itu yaitu ungu, hijau, dan kuning. Bahan kimia dari roket yang menghasilkan uraian cahaya tersebut yakni trimethyl aluminum (TMA) dan campuran barium-strontium.

Bahan-bahan kimia tersebut kemudian akan menyala terang ketika berinteraksi dengan partikel-partikel di atmosfer Bumi. NASA menegaskan bahan-bahan tersebut tidaklah berbahaya.

“Selama peluncuran, roket menyebarkan pelacak kimia – trimethylaluminum (TMA) dan campuran barium-strontium – yang terionisasi di bawah sinar matahari, memungkinkan para peneliti untuk melacak aliran partikel netral dan bermuatan,” ujar NASA.

“Pelacak ini akan membantu NASA mengukur angin vertikal yang berputar yang mencampur partikel dan energi bermuatan listrik melalui atmosfer, merekam kepadatan dan suhu angin,” lanjutnya. (AL)

 

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.