Bumi Punya 4.000 Kembaran, Mau Tinggal Di Mana Nih?!
Ilustrasi ecoplanet mirip Bumi @Phys

MALANGTODAY.NET – Berbagai penelitian ruang angkasa untuk menemukan planet yang memiliki potensi menyerupai Bumi dan bisa ditinggali masih diupayakan oleh para peneliti. Hingga saat ini, tercatat sekitar 4.000 planet di luar tata surya yang disebut menyerupai Bumi selama seperempat abad terakhir. Lalu, mana yang akan dipilih untuk dihuni menggantikan Bumi?

Dilansir dari DetikInet, Minggu (23/3/2019), Extrasolar Planets Encyclopedia milik Observatoire de Paris menyebut bahwa planet di luar Tata Surya atau exoplanet menjadi indikasi bahwa penemuan ini sangat umum. Dengan banyaknya bintang di galaksi BIma Sakti, paling tidak ada satu planet yang mengelilinginya.

“Berita baiknya adalah kita beralih dari langit berbintang ke langit berplanet, dengan semakin banyaknya planet ketimbang bintang. Dan juga sistem-sistem planet memiliki keanekaragaman struktur yang luar biasa,” kata peneliti dari Observatoire de Paris, Francois Roques.

Meski demikian, jumlah sebanyak itu disebut Roques sebagai angka semata. Pasalnya, belum ada penelitian yang menjelaskan batasan-batasan antara satu sistem dengan yang lainnya. Peneliti masih harus melakukan pemahaman mendalam terhadap struktur, formasi, atmosfer, dan kemampuan menyokong kehidupan.

Serupa dengan Observatoire de Paris, NASA Exoplanet Archive emncatat setidaknya ada 3.926 exoplanet. Namun berbeda dengan Perancis, NASA setidaknya memiliki kandidat yang menunggu peresmian saja. Ada sekitar 443 calon exoplanet ytang sudah dikoleksi oleh teleskop TESS. Sementara, teleskos Kepler malah telah mengumpulkan 2.423 kandidat Bumi ‘baru’.

Tinggal pilih nih, kamu mau tinggal di mana, Zens? (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.