Siap-siap, Bumi Segera Kedatangan ‘Tamu’ dari Venus Akhir 2019 Nanti!
Ilustrasi pesawat mengorbit di Bumi @MysticSauce

MALANGTODAY.NET – Misi pesawat ruang angkasa yang sering diluncurkan dari Bumi ke planet-planet bertujuan untuk perkembangan ilmiah terkait kehidupan lain di alam semesta. Dari berbagai misi luar angkasa yang sudah dirilis, akan ada ‘tamu’ yang akan berkunjung ke Bumi setelah sebelumnya diluncurkan pada Maret 1972 silam.

Dilansir dari Viva, Selasa (5/3/2019) lalu, pesawat ruang angkasa Uni Soviet, Kosmos 482, diperkirakan akan kembali ke Bumi pada akhir 2019 atau pertengahan tahun 2020. Wahana ini diluncurkan ke Venus untuk melakukan penjelajahan di planet kedua di Tata Surya.

Kosmos 482 sendiri merupakan pengganti dari pesawat sebelumnya, Venera 8, yang hancur setelah hanya bertahan selama 50 menit 11 detik. Namun sayang, Kosmos sendiri juga gagal setelah tidak bisa lepas dari orbit Bumi. Pesawat ini hanya mampu menembak selama 125 detik dan diperkirakan akan jatuh di London atau samudera terdekat.

Wahana ini diluncurkan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Uni Soviet yang dirancang tahan lama dan tahan panas. Namun kegagalan misi tersebut membuat pengamat satelit, Marco Langbroek, memprediksi beberapa komponen Kosmos 482 masih utuh dalam keadaan baik.

“Saya memperkirakan sampah antariksa ini akan selamat saat kembali memasuki atmosfer Bumi. Meski saya yakin baterai untuk menyalakan parasut pendaratan pesawat sudah tidak aktif lagi,” tutur Langbroek.

Meski demikian, status Kosmos 482 itu kini hanya menjadi sampah antariksa. Misi untuk bertahan di atmosfer Venus yang harusnya selesai pada 2025 akhirnya harus dipercepat. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.