Kebutuhan BBM masyarakat (Merdeka)
Kebutuhan BBM masyarakat (Merdeka)

MALANGTODAY.NET Banyak cara yang dilakukan agar bahan bakar pada motor bisa jauh lebih irit. Tidak melulu harus mengganti atau bore up mesin. Bahkan dengan hanya teknik pengereman yang disesuaikan bisa menjadi salah satu caranya.

Dengan teknik pengereman dengan benar, maka kerja mesin bisa menjadi lebih ringan. Seperti memaksimalkan penggunaan rem depan dan mengurangi fungsi rem belakang.

Menurut Instruktur Safety Riding dari PT Astra Honda Motor (AHM), Emerson Tantono sebagaimana dilansir dari GridOto, menjelaskan teknik pengereman bisa mengurangi tingkat konsumsi bahan bakar pada motor.

“Namun, harus disesuikan juga dengan kondisi jalannya. Jangan sampai mengejar irit tapi mengorbankan keselamatan di jalan,” jelas Emerson.

Dari segi teknis, porsi yang lebih banyak pada penggunaan rem depan tidak begitu membebani kerja mesin. Lantaran, putaran mesin tidak akan berkurang secara drastis.

Maka dari itu, power yang dibutuhkan motor untuk dijalankan kembali tidak banyak konsumsi bahan bakar. Sehingga bahan bakar menjadi lebih irit.

Beda halnya jika melakukan pengereman dengan rem belakang. Pasalnya roda belakang pada motor terhubung langsung ke mesin.

Sehingga, putaran mesin ikut menurun secara drastis saat roda belakang dihentikan lewat rem. Bahkan dibutuhkan konsumsi bahan bakar yang banyak untuk kembali menaikan putara mesin.

Pengereman di roda depan motor memang punya porsi yang lebih besar dibandingkan roda belakangnya. Buktinya, pabrikan sendiri membuat motor dengan kemampuan rem depan yang lebih kuat dibanding belakang. (HAM)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.