Makin Ramai, 5 Fitur Baru Ini Jadi Bukti WhatsApp Makin Beringas
Ilustrasi aplikasi WhatsApp @AndroidPIT

MALANGTODAY.NET – Keamanan penggunaan data digital kembali dipertanyakan. Sebab, akhir-akhir ini terdapat santer diberitakan adanya serangan spyware WhatsApp.

Mengantisipasi terjadinya hal ini, WhatsApp kemudian meminta penggunanya untuk selalu memperbarui aplikasi. Berikut adalah beberapa versi WhatsApp yang rentan terinfeksi spyware dilansir dari Time.

  1. WhatsApp for Android sebelum versi terbaru 2.19.134
  2. WhatsApp Business for Android sebelum versi terbaru 2.19.44
  3. WhatsApp for iOS sebelum versi terbaru 2.19.51
  4. WhatsApp Business for iOS sebelum versi terbaru 2.19.51
  5. WhatsApp for Windows Phone sebelum versi terbaru 2.18.348
  6. WhatsApp for Tizen sebelum versi terbaru 2.18.15.

 

Diketahui, spyware WhatsApp ini masuk ke ponsel melalui telepon WhatsApp. Ganasnya, spyware bisa menyerang walaupun si penerima telepon tidak mengangkat teleponnya. Bahkan ketika ada panggilan tak terjawab, nomor WhatsApp penelepon bisa hilang dari riwayat panggilan.

Jika dibiarkan, spyware yang dibuat oleh perusahaan Israel ini akan semakin merugikan pengguna. Bagaimana tidak,  dilansir dari The Verge, spyware ini bisa menyalakan kamera dan mikrofon ponsel, memindai email dan pesan, serta memantau pergerakan si pengguna dari GPS ponsel.

Salah satu ciri jika ponsel tersebut sudah terinfeksi spyware WhatsApp maka akan ada perubahan-perubahan pada ponsel. Diantaranya yakni konsumsi baterai menjadi boros dan perangkat tiba-tiba panas. Hal ini bisa terjadi karena adanya transfer data di dalam ponsel yang tersembunyi.

“Kalau penggunaan baterai terlihat berbeda dari belakangan, atau kalau perangkatmu tiba-tiba jadi terasa panas, mungkin saja itu dikarenakan sedang ada proses pengiriman dan penerimaan data besar, yang bisa mengindikasikan perangkatmu terkompromi,” ujar pakar keamanan perangkat mobile Domingo Guerra. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.