Hebat, Aplikasi Ini Bisa Pantau WNI di Luar Negeri
Peluncuran Aplikasi SaveTravel © Merdeka

MALANGTODAY.NET – Selasa lalu, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI luncurkan aplikasi bernama SafeTravel. Aplikasi ini digadang-gadang mampu melindungi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di  luar negeri.

Dilansir dari detik.com, hal ini disampaikan Menlu dalam pernyataan pers tahunan Menlu RI tahun 2017 di Kemenlu, Jl Pejambon, Jakarta Pusat,

“Hari ini Kemlu telah meluncurkan beta version aplikasi SafeTravel”,  tutur Menlu Retno LP Marsudi.

Aplikasi ini akan memberikan informaai lengkap kepada kemlu sebaran WNI, lokasi serta identitas mereka secara aktual dan akurat sehingga dapat dimanfaatkan ketika keadaan darurat terjadi.

Hal seperti ini bukanlah sesuatu yang baru, mengingat pada tahun 2016 pelayanan dan perlindungan WNI berbasis TI sudah diterapan di delapan perwakilan KBRI di Den Haag, Seoul, Bangkok, Brussel, Singapura, KJRI Jeddah, Hong Kong, serta KRI Tawau.

Retno menambahkan, peningkatan kualitas layanan dan perlindungan WNI di luar negeri merupakan suatu keharusan dalam rangka mengimbangi dinamika dan mobilitas WNI di luar negeri yang pesat.

“Dinamika dan mobilitas WNI di luar negeri yang semakin meningkat menjadikan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan dan perlindungan WNI sebagai sebuah keniscayaan”, ungkap wanita berkacamata ini.

Dengan demikian, di tahun 2017 Kementrian Luar Negeri RI akan mengintegrasikan sistem ini dengan Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri yang sebelumnya dilakukan  dengan bantuan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI).

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here