Ledakan cahaya yang terjadi di new York Desember 2018 akibat ledakan gardu listrik (Kompas)
Ledakan cahaya yang terjadi di new York Desember 2018 akibat ledakan gardu listrik (Kompas)

MALANGTODAY.NET – Satelit Mikhailo Lomonosov dari Universitas Moskow, Rusia menangkap adanya ledakan aneh di atmosfer Bumi. Ledakan tersebut terdeteksi terjadi beberapa kali dengan tidak disertai kilat.

Sayangnya, belum ada rilis resmi dari pihak Universitas Moskow tentang kejadian tak biasa ini. Meski demikian, temuan dari satelit ini kemudian dikonfirmasi oleh direktur Institut Riset Fisika Nuklir di Universitas Moskow, Mikhail Panasyuk.

“Saat fenomena itu ditangkap Lomonosov, kami menemukan ledakan cahaya beberapa kali yang semuanya terlihat sangat jelas. Ledakan cahaya itu tidak disertai bayangan awan ataupun kilat. Ini sesuatu yang sangat aneh dan belum bisa kami pahami,” kata Panasyuk dilansir dari Kompas.com (13/2/2019).

Umumnya, ledakan cahaya yang terjadi akan disertai dengan adanya kilatan cahaya seperti cahaya merah ataupun ungu. Cahaya dengan spektrum ini akan terlihat menjalar ke bawah. Mudahnya, penggambaran cahaya ini mirip dengan kilat petir yang sering terjadi.

Namun, ciri umum yang demikian tidak terjadi kali ini. Panasyuk menduga bahwa ada penyebab lain yang memicu terjadinya ledakan ini. Ia juga tidak yakin apakah penyebab ledakan ini dapat ditangkap oleh teleskop UV lainnya.

Sementara itu, akhir Desember tahun 2018 lalu, langit New York juga pernah mengalami kejadian serupa. Alih-alih diduga karena ada invasi alien, ternyata penyebab ledakan cahaya tersebut adalah karena adanya ledakan trafo di salah satu gardu listrik yang berlokasi di Con Edison. (AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.