Permukaan Mars yang tertangkap kamera CaSSIS seperti laba-laba alien (ESARoscosmosCaSSIS)
Permukaan Mars yang tertangkap kamera CaSSIS seperti laba-laba alien (ESA/Roscosmos/CaSSIS)

MALANGTODAY.NET – Awal Februari 2019 lalu, wahana antariksa hasil kerja sama European Space Agency (ESA) dan Roscosmos, Exomars Trance Gas Orbiter (TGO) berhasil menangkap sebuah objek mirip laba-laba. Laba-laba tersebut disebut dengan laba-laba alien.

Penampakannya jauh berbeda dengan laba-laba yang kita kenal di Bumi. Warnanya biru atau ungu dan lebih nampak seperti bulu-bulu halus. Bulu-bulu tersebut menyebar rata di seluruh permukaan tubuhnya.

Dalam foto, hewan tersebut nampak sedang berjalan merayap di permukaan planet dua satelit ini. Pertanyaannya, apakah laba-laba alien adalah benar seekor hewan?

Jawabannya ternyata tidak, laba-laba alien berwarna biru ini sebetulnya adalah suatu pola yang terbentuk akibat badai debu di Mars.

Diketahui, badai tersebut terjadi di sekitar Terra Sabaea.Terra Sabaea sendiri adalah daerah yang cukup luas di Mars. Seperti di Bumi, Mars juga memiliki kontur permukaan berlembah dan berbukit.

“Namun kami belum memahami mengapa ada bengitu banyak debu tornado berkummpul di sepanjang punggung bukit, meski gunung di kawasan itu dapat memengaruhi aliran massa udara dan berkontribusi pada pembentukan tornado,” ujar perwakilan ESA dilansir dari Live Science (15/3/2019) melalui Kompas.

Kemudian mengenai warna yang tidak menunjukkan warna merah khas Mars pada gambar laba-laba alien, hal tersebut merupakan teknik dari para ahli untuk mengetahui level ketinggian permukaan.

Dengan demikian, laba-laba alien sebetulnya bukanlah jenis laba-laba predator yang kita kenal selama ini. Di sisi lain, wahana-wahana antariksa memang sering menemukan gambar-gambar aneh di luar angkasa. Salah satunya yakni pola wajah manusia. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.