Saturnus @NASA
Saturnus @NASA

MALANGTODAY.NET – Ketika menatap kubah langit malam yang cerah, sejenak timbul pertanyaan apa sajakah benda-benda itu? Lalu timbul lagi pertanyaan manakah planet-planet yang indah seperti di gambar-gambar buku maupun internet itu? Apakah gambar-gambar itu nyata sedangkan kita hanya melihat benda titik putih di langit malam?

Tenang Zens, seluruh gambar-gambar benda angkasa yang beredar di buku maupun di internet itu tidak semuanya palsu. Di sini ditekankan ada beberapa gambar yang memang sesuai dengan aslinya, ada juga gambar yang direkayasa atau artistik.

Salah satu gambar yang nyata adalah gambar planet Saturnus. Planet yang seringkali digambarkan dengan cincin ini bisa loh kita identifikasi dengan mata telanjang. Eits, jangan berekspektasi lebih jauh dulu.

Ketika melihat dengan mata telanjang, kita hanya melihat seberkas benda kecil berupa titik yang tidak berkedip. ZensTODAY bisa dengan mudah mengidentifikasi manakah planet Saturnus di langit Malang malam ini, Rabu (23/5/2019).

Tepatnya, hari ini ada fenomena langit berupa konjungsi Bulan-Saturnus. Mudahnya, konjungsi adalah peristiwa dimana posisi dua atau tiga benda langit nampak berdekatan, bahkan berada di satu posisi yang sama.

Sebab namanya adalah konjungsi Bulan-Saturnus, maka konjungsi yang terjadi adalah antara Bulan dan planet Saturnus. Sekitar pukul 20.45 WIB nanti, cobalah keluar dan cari Bulan di arah timur. Pada jam tersebut, Bulan dan Saturnus baru terbit dari peraduannya.

Semakin malam, ketinggian Bulan dan Saturnus terus bertambah dari kaki langit. Nantinya, di dekat Bulan akan nampak satu titik cahaya kecil yang terang dan tidak berkedip. Itulah Saturnus!

Kalau ZensTODAY ragu, bisa meminta bantuan aplikasi gratis di smartphone untuk mengidentifikasinya seperti Starwalk. Jika ponselmu didukung dengan kompas dan beberapa sensor lainnya, maka kamu hanya perlu mengarahkan ponselmu ke benda yang dituju.

Lalu, apakah bisa melihat cincin dari planet bersatelit 56 buah ini? Tentu saja bisa!

Kamu bisa melihat cincin Saturnus menggunakan teleskop. Teleskop yang digunakan harus memiliki spesifikasi yang cukup untuk mengamati Saturnus, misalnya dari panjang fokus dan lensanya. Kalau teleskop sudah siap, tinggal arahkan saja tabung teleskop ke arah Saturnus dan selamat menikmati pesona Saturnus dari Bumi! (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.