Ilustrasi hacker sedang membobol akun email (BBC)
Ilustrasi hacker sedang membobol akun email (BBC)

MALANGTODAY.NET – Kasus kebocoran data pribadi di dunia maya kembali terjadi. Sebanyak 87 GB informasi yang diberi nama Collection #1 ini pertama kali diungkap oleh peneliti keamanan siber, Troy Hunt. Dalam Collection #1 diketahui terdapat 772.904.991 alamat emai dan 21.222.975 password. Jumlah data yang cukup fantastis bukan?

“Kumpulan bocoran data e-mail ini berasal dari banyak sumber berbeda,” tulis Hunt dari situsnya, Have I Been Pwned.

Baca Juga  Ternyata Ini yang Bikin Polri Kesulitan Tindak Penyebar Kebencian di FB

Ribuan file Collection #1 yang diunggah ke cloud hosting Mega kini telah berhasil dihapus. Walaupun begitu, ternyata data tersebut masih bisa ditemukan di salah satu forum hacker! Sayangnya, Hunt tak menyebutkan nama forum hacker populer tersebut. Cukup berbahaya nih Zens.

Namun, tidak sampai disitu saja, ternyata masih banyak koleksi data lainnya! Koleksi data tersebut diberikan nama Collection #2 dengan kolesi data sebesar 526GB, Collection #3 sebesar 37GB, Collection #4 sebesar 178GB dan Collection #5 sebesar 42GB serta dua folder lainnya dengan total data sebesar 126GB dilansir dari Detik.com (19/1/2019).

Baca Juga  Badan Siber dan Sandi Negara Resmi Dibentuk

Untuk mewaspadai apakah akun email-mu merupakan salah satu yang dibobol atau tidak, kamu bisa mengeceknya melalui laman https://haveibeenpwned.com. Dari laman tersebut kamu cukup mengetik alamat email di kolom utama lalu klik tombol “pwned?”.

Jika analisa dari laman tersebut memberikan informasi terdampak maupun terindikasi kebocoran data, maka yang bisa kamu lakukan adalah mengganti password email dan mengaktifkan sistem two factor authentication dilansir dari Kompas.com (18/1/2019). (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.