Ini 5 Teori Tentang Kehidupan di Luar Bumi, Boleh Percaya?
Ilustrasi alien @YouTube/Killer Queen Alien

MALANGTODAY.NET – Banyak sekali teori-teori berkembang seputar kehidupan lain selain peradaban manusia di luar planet Bumi. Keberadaan alien masih simpang siur karena belum terbukti secara nyata maupun ilmiah. Meski demikian, para ilmuwan muka bumi masih berusaha menelusuri peradaban lain di angkasa nun jauh di sana.

Rasa penasaran tersebut kemudian menuntun para ilmuwan mulai menyusun teori-teori seputar kehidupan di luar Bumi. Percaya atau tidak, teori-teori berikut ini patut dipertimbangkan sebagai bahan riset mencari pengganti planet biru tercinta ini jika kelak harus mencari pengganti.

Baca Juga: Wahai Pengendara, Ini Bahayanya Cuci Motor Saat Kondisi Mesin Panas!

Life in Titan
Life in Titan
Ilustrasi Titan @Screen Rant

Salah satu bulan Saturnus bernama Titan dinilai mengandung senyawa-senyawa di atmosfernya yang dapat menunjang peradaban. Beberapa senyawa seperti nitrogen dan hidrogen serta asam amino diprediksi menunjukkan adanya jejak kehidupan di satelit alami ini.

Alien di Pluto
Alien di Pluto
Ilustrasi Pluto @USA Today

Meski telah dicoret dari tata surya, Pluto tetap menjadi obyek penelitian NASA. Dalam beberapa riset, NASA menemukan adanya sisa laut bersuhu hangat. Tanda ini memunculkan spekulasi bahwa Pluto memiliki peradaban alien mengacu pada kaidah air sebagai sumber kehidupan makhluk hidup.

Baca Juga: Kartu AS ‘Tutup Warung’, Mungkinkah?

Tanda Alien
Tanda Alien
Ilustrasi hujan meteor @Vox

Hujan meteor Perseid yang pernah terjadi di bumi pada Agustus 2013 menarik minat seorang astrobiologis bernama Milton Wainwright meluncurkan balon udara 27 km ke stratosfer bumi dan kembali. Hasilnya mengejutkan, balon tersebut kembali dengan membawa jejak kehidupan asing berupa partikel-partikel aneh yang diyakini alien dalangnya.

Teori Thomas Dick
Teori Thomas Dick
Ilustrasi permukaan Venus @Phys

Thomas Dick yang merupakan astronom amatir ini mengaku telah menghitung jumlah penduduk di beberapa planet seperti Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Ia bersama salah satu menteri Skotlandia melakukan sensus antar planet dengan menggunakan populasi Inggris sebagai acuannya. Bahkan ia mengatakan bahwa matahari memiliki penghuni.

Baca Juga: Mengerikan, Ini 3 Eksperimen Psikologi Paling Berbahaya

Penduduk Matahari
Penduduk Matahari
Ilustrasi matahari @The VLM

Nicholas of Cusa yang merupakan teolog dan matematikawan sepakat dengan ide Dick yang mengatakan bahwa matahari memiliki penghuni. Penghuninya digambarkan sebagai makhluk luar angkasa yang terang dan bercahaya.

Baca Juga  Bukan Nakal, Riset Tentang Unyeng-unyeng Tunjukkan Orientasi Seksual Pria. Ups?

Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...