5 Jenis Postingan Sosial Media yang Bisa Bikin Kamu Masuk Penjara!
Share postingan (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Sosial media menjadi sebuah tempat yang bebas untuk mengekspresikan sesuatu. Tapi sama kayak di dunia nyata, ada batasan-batasan lho tentang apa yang kamu posting ke sosial media.

Kebanyakan dari kita asal posting aja sesuatu hal ke sosial media. Padahal ada beberapa jenis postingan yang bisa bikin kita masuk penjara! Waduh, kira-kira apa aja ya jenis postingan itu?

Baca Juga: Ditangkap Polisi, Ternyata Ini Alasan Remaja Pria Ancam Jokowi

1. Just for fun

5 Jenis Postingan Sosial Media yang Bisa Bikin Kamu Masuk Penjara!
Postingan sosial media (Istimewa)

Bagi ruang lingkup pertemanan kita, jokes atau postingan bercanda di sosial media hanya sebagai hiburan semata. Tapi bagi orang lain, bisa saja itu menghina golongan tertentu.

Ada baiknya postingan jokes ini hanya di share atau dibagikan kepada ruang lingkup pertemananmu saja. Untuk menghindari adanya pihak lain yang tersinggung. Tapi jangan lupa peringatkan kepada temanmu untuk tidak menyebarkan ke sosial media atau orang lain. Atau lebih baik kamu bikin jokes yang lebih smart dan membangun.

2. Screenshot chat pribadi

5 Jenis Postingan Sosial Media yang Bisa Bikin Kamu Masuk Penjara!
Screenshot chat pribadi (Istimewa)

Screenshot chat pribadi kita sama seseorang, apalagi pacar, adalah hal yang sangat private. Meskipun dia pacar atau temanmu sendiri, bisa saja konten chat tersebut jadi awal mula tersebarnya aib hubungan kalian.

Mulai sekarang, jangan lagi menyebarkan screenshot chat pribadi kalian ya. Coba aja posting video Panda yang lucu, hehehehe.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Pemerintah Kabupaten Malang Belum Tegas Soal PJU

3. Menyebar hoax

5 Jenis Postingan Sosial Media yang Bisa Bikin Kamu Masuk Penjara!
Berita hoax (Istimewa)

Hoax menjadi fokus utama Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk diberantas. Karena berita ini bisa merugikan banyak orang. Mulai dari pembaca berita, pembuat berita, hingga orang yang diberitakan.

Selain itu, hoax juga jadi pemicu keretakan hubungan antar sesama manusia, apalagi kalau membawa golongan-golongan tertentu.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sendiri beberapa waktu lalu pernah mengimbau kepada masyarakat untuk memberantas hoax dengan cara melapor langsung ke Kementrian yang ia pimpin. Serta mencari sumber lainnya jika mendapatkan sebuah kabar atau berita.

4. Menghina alias nyinyir

5 Jenis Postingan Sosial Media yang Bisa Bikin Kamu Masuk Penjara!
Orangtua remaja yang menghina Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, meminta maaf kepada Jokowi dan publik (Istimewa)

Kasus remaja pria berusia 16 tahun yang belakangan ini menghina Presiden Jokowi, menjadi salah satu penyebab kita bisa dipenjara.

Walaupun sang pelaku mengakui bahwa video itu dibuat untuk lucu-lucuan dengan temannya saja, tapi apa yang terlihat dalam video jelas merupakan tindak kriminal.

Bahkan ada Undang-undang yang mengatur tentang penginaan atau nyinyiran di sosial media lho! Yaitu pasal 27 ayat 4 juncto pasal 45 UU nomor 19 tahun 2006 tentang UU ITE dengan ancaman mencapai enam tahun penjara.

Baca Juga: Daya Beli Masyarakat Semakin Menurun, Pasar Ngebruk Terpaksa Tutup

5. Plagiarisme

Plagiarisme adalah tindakan yang meniru karya orang lain. Tak hanya dalam skripsi, plagiarisme juga terjadi di sosial media. Bentuknya pun beraneka ragam, seperti tulisan, gambar, hingga video.

Tindakan tak etis ini tentu saja merugikan sang pemilik karya . Kalau kamu mau posting sesuatu di sosial media dan bersumber dari karya orang lain, kita harus mencantumkan sumbernya. Jangan sampai kamu mengaku bahwa karya itu adalah hasil kerjamu.

5 Jenis Postingan Sosial Media yang Bisa Bikin Kamu Masuk Penjara!
Plagiarisme (Istimewa)

Penulis: Annisa Eka Safitri
Editor: Annisa Eka Safitri

Loading...