4 Klaim Sains Konyol Ala Ilmuwan India, Internet Digunakan di Perang Bharata Yudha!
Ilustrasi Kongres Sains India @The TeCake

MALANGTODAY.NET – Kongres Sains India ke-106 yang dibuka oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi, menyisakan banyak hal-hal konyol jika ditinjau dalam kacamata sains. Pasalnya, banyak sekali klaim-klaim konyol yang dilontarkan oleh para ilmuwan India yang membuat para ahli dan kritikus bergidik malu.

Asosiasi Kongres Ilmiah India menyebut klaim-klaim sains yang muncul dalam Kongres Sains ke-106 itu adalah sebuah keprihatinan. Sekretaris Jenderal Asosiasi Kongres Ilmiah India bahkan berani menyebut hal tersebut sangat mencemaskan mengingat posisi orang yang membicarakan itu adalah ilmuwan.

Lalu, klaim apa saja yang muncul di India? Berikut ulasan lengkapnya dikutip dari Kompas.com, Selasa (15/1/2019).

Internet Ada Sejak Ribuan Tahun Lalu
Internet Ada Sejak Ribuan Tahun Lalu
Ilustrasi warga India menggunakan internet @Networked India

Pada April 2018 silam, seorang menteri dari negara bagian Tripur menyebut internet sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan ditemukan oleh orang India kuno. Internet disebut sudah ada sejak masa peperangan Bharata Yudha dibuktikan dengan laporan akurat Sanjaya kepada markas komando Pandawa.

Pesawat Ada Sejak Zaman Ramayana
Pesawat Ada Sejak Zaman Ramayana
Ilustrasi lukisan Ramayana @Tallenge

Tahun 2017 silam, Menteri Muda Bidang Pendidikan India menyebutkan bahwa pesawat terbang sudah ada sejak era Ramayana. Ia bahkan merinci bahwa pesawat itu ditemukan oleh Shivakar Babuji Talpade tepat delapan tahun sebelum Wright bersaudara membuatnya.

Sapi Hembuskan Oksigen
Sapi Hembuskan Oksigen
Ilustrasi sapi di India @Mises India

Umumnya, makhluk hidup menghirup oksigen dan menghembuskan karbon dioksida. Namun pada tahun 2017, seorang menteri pendidikan di negara bagian Rajashtan menyebut bahwa sapi justru hewan yang menghembuskan oksigen. Klaim tersebut dilanjutkan bahwa sapi adalah satu-satunya hewan di dunia yang menghirup dan menghembuskan oksigen.

Uji Coba Nuklir 100.000 Tahun Lalu
Uji Coba Nuklir 100.000 Tahun Lalu
Ilustrasi misil nuklir India @The Wire

Nuklir belakangan ini diketahui sebagai senjata pemusnah massal yang dimiliki oleh negara-negara kuat dunia. Namun anggota parlemen Ramesh Pokhriyal Nishank mengejutkan publik pada 2014 lalu. Hal ini karena Nishank mengatakan bahwa India telah melakukan uji coba nuklir sejak lebih dari 100.000 tahun yang lalu.(sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.