Kamu Masih Bisa Berkarya Lho! Ini 4 Aplikasi yang Mirip Tik Tok
Aplikasi mirip Tik Tok (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Tindakan Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemkominfo untuk memblokir aplikasi Tik Tok, menyimpan kekecewaan sendiri bagi masyarakat. Tapi kamu masih bisa bikin video di beberapa aplikasi yang mirip Tik Tok lho!

Munculnya video lip sync yang tidak sesuai untuk anak-anak, menjadi pemicu pemerintah untuk memblokir aplikasi asal Tiongkok tersebut.

Padahal masih banyak sisi kreatif yang bisa diambil dari munculnya video-video di Tik Tok lho!

Baca Juga: Aplikasi Tik Tok Diblokir, Begini Kata Netizen

Namun apa daya, komentar netizen hingga selebriti papan atas mengenai salahnya pemblokiran aplikasi tersebut, tidak membuahkan hasil.

Sebagai warga negara Indonesia yang punya segudang kreativitas, kita masih bisa membuktikan kok kalau video lip sync di sebuah aplikasi banyak yang mengandung unsur kreatif.

Cara membuktikannya nggak harus lewat Tik Tok lagi, tapi lewat beberapa aplikasi yang mirip Tik Tok. Dilansir dari detik.com, ini dia deretan aplikasi tersebut!

1. Musical.ly

Musical.ly bisa dibilang adalah aplikasi yang sama persis kayak Tik Tok. Jelas, karena aplikasi ini satu perusahaan sama aplikasi yang baru saja diblokir, yaitu Beijing Bytedance Technology.

Aplikasi ini memudahkan kita dalam membuat video lip sync atau komedi lainnya. Pilihan lagunya juga banyak, mulai dari dangdut sampai mancanegara.

Aplikasi yang booming di tahun 2016 ini memungkinkan penggunanya untuk membuat video berdurasi 15 detik hingga satu menit, dengan berbagai macam filter juga.

Baca Juga: Kominfo Putuskan Tik Tok Diblokir, Siapa Dalang Dibalik Aplikasi Fenomenal Ini?

2. Dubsmash

Kalau yang satu ini, bisa dibilang pelopor aplikasi video lip sync pertama di dunia. Dari aplikasi ini, kita mengenal ada yang namanya hiburan video lip sync yang bisa bikin kita ngakak.

Nggak cuma lip sync lagu aja, tapi lip sync sinetron, film, acara televisi dan lain sebagainya.

Aplikasi ini sayangnya mulai redup ketika Musical.ly muncul. Tapi tetap jadi media para anak-anak kreatif untuk membuat video lip sync!

3. Weishi

Aplikasi ini berasal dari negeri Tirai Bambu, yang ditujukan untuk lip sync juga. Yah, bisa dibilang saingan terberatnya Tik Tok sama Musical.ly deh.

Baca Juga  Kemkominfo dan PWI Galakkan Etika Jurnalistik untuk Netizen

Mirip sama aplikasi Vine yang udah dihapus sama Twitter sejak tahun 2017 kemarin, Weishi memanjakan penggunanya untuk membuat video berdurasi delapan detik dan kemudian di loop.

Kamu Masih Bisa Berkarya Lho! Ini 4 Aplikasi yang Mirip Tik Tok
Weishi app (Istimewa)

Baca Juga: Tak Lolos SBMPTN? Tenang, Ikuti Tes Jalur Mandiri di 5 PTN Ini

4. Flipagram

Flipagram sebenernya lebih ke aplikasi untuk mengedit video. Tapi semenjak Musical.ly mulai ngehits, Filpagram juga menambahkan fitur video lip sync pada aplikasinya.

Lagu-lagu yang ada di Flipagram sebagai media lip sync, juga lumayan ngehits lho! Aplikasi ini sudah di unggah sebanyak 50 juta kali di Play Store.

Kamu Masih Bisa Berkarya Lho! Ini 4 Aplikasi yang Mirip Tik Tok
Flipagram (Istimewa)

Penulis: Annisa Eka Safitri
Editor: Annisa Eka Safitri

Loading...