Hujan meteor (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Bulan Oktober tak terasa sudah berlalu. Kini memasuki bulan November, ada beberpa fenomena alam yang akan sangat sayang untuk dilewatkan. Nah, merangkum dar IDN Times pada Sabtu (3/11/2018) berikut ini tiga fenomena alam paling memukau di bulan November 2018.

Baca Juga: Siapa Mau Melahirkan Bayi di Luar Angkasa? Daftar yuk!

Hujan Meteor Taurid
Hujan Meteor 2 (source Merdeka.com)
Hujan Meteor 2 (source Merdeka.com)

Awal bulan ini, tepatnya tanggal 5 November esok kamu akan disambut dengan hujan Taurid yang akan bisa kamu saksikan dengan mata telanjang. Meski berintensitas rendahm yaitu hanya sekitar 10 meteor per jamnya, fenomena alam yang satu ini tetap sayang banget untuk dilewatkan. Untuk menyaksikan hujan meteor Taurid ini pastikan langit malam ditepatmu cerah dan terbebas dari polusi cahaya. Selain tanggal 5 November ini, hujan meteor Taurid ini juga bisa kamu lihat pada tanggal 12 November mendatang.

Bulan, Merkurius dan Jupiter
Ilustrasi (Info Astronomy)

Pada tanggal 9 November kamu bisa menyaksikan Bulan, Merkurius, dan Jupiter membentuk bidang segitiga. Jupiter akan nampak cukup jelas dengan cahaya kuning bagai bintang, sedang merkurius mungkin akan sedikit sulit ditemukan. Pengamatan terhadap tiga benda angkasa yang berdekatan ini bisa dilakukan sejak pukul 18.00 waktu setempat.

Baca Juga: Pakai iPhone, Politisi Ini Malah Kena Denda Rp 24 M

Hujan Meteor Leonid
ilustrasi hujan meteor @hindustan times

Hujan meteor ini memiliki intensitas yang sedikit lebih banyak dari hujan meteor Taurid. Namun untuk menyaksikannya kamu harus bangun pada pukul 03.00 dini hari. Selain itu, sama seperti syarat menyaksikan hujan meteor lainnya, langit malam itu harus cerah tak berawan dan tak terpapar polusi udara. Namun kali ini mungkin akan sedikit sulit menyaksikan hujan meteor ini karena waktunya hampir bersamaan dengan waktu purnama yang akan membuat langit lebih terang.


Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani

Loading...