3 Asteroid Dekati Bumi, Berbahayakah?
Ilustrasi @Reuters

MALANGTODAY.NET – Tiga buah asteroid terdeteksi mendekati bumi pada akhir pekan lalu. Mengutip Live Science yang dilansir dari Tempo.co pada Senin (12/11/2018), salah satu dari tiga asteroid tersebut bahkan lebih dekat dari jarak Bumi ke bulan. Peristiwa ini terjadi pada 9 November 2018 lalu.

Kemudian pada keesokan harinya, Sabtu (10/11/2018), asteroid 2018 VXI1 berada di sekitar 236.100 mil atau setara dengan 380.000 kilometer dari bumi. Artinya asteroid tersebut berada jauh lebih dekat dengan bumi dibandingkan Bulan yang berjarak sekitar 238.900 mil atau 384.400 kilometer dari bumi.

Baca Juga: Bukan Saingan Harga, UKMgood.com Menghubungkan Pembeli dan Penjual Secara Langsung

Meski sangat dekat, namun keberadaan asteroid tersebut tidak akan menimbulkan dampak yang cukup berarti bagi aktivitas di Bumi. Hal ini disampaikan oleh seorang astrofisikawan Gianluca Masi. Masi adalah pendiri dan direktur Proyrk Teleskop Virtual di Italia. Ia secara langsung melakukan streaming untuk memantau ketiga asteroid tersebut sejak Sabtu pukul 1 siang.

“Tidak ada risiko dampak ke Bumi,” kata Masi, dikutip dari Tempo.co.

Sejauh pengamatan yang sudah dilakukan, kedua asteroid lainnya tidak akan berada lebih dekat dari itu. Keduanya bahkan diperkirakan akan melintas dengan jark yang lebih jauh 5 juta kilo meter dari Bumi. Asteroid ini hberukuran cukup besar yaitu berdiameter antara 13 sampai 30 meter.

Baca Juga: Gara-gara Dukun, Remaja Ini Bunuh dan Perkosa Mayat Ibunya Demi Uang

Asteroid 2018 VX1 ini ditemukan oleh para pengamat pada 4 November 2018. The virtual Telescope menangkap foto dari asteroid ini dengan eksposure tunggal, 600 detik pada 8 November.

“Teleskop melacak gerakan asteroid yang jelas; inilah mengapa bintang-bintang menunjukkan panjangnya jejak,” kata Masi.


Penulis : Kistin S
Editor : Kistin S

Loading...