Ilustrasi cokelat @hallo sehat
Ilustrasi cokelat @hallo sehat

MALANGTODAY.NET – Cokelat memang kaya manfaat. Studi terbaru menunjukkan bahwa mencium bau cokelat bisa menghentikan aktivitas merokok. Bahkan hal tersebut juga berlaku bagi orang yang tidak berkeinginan untuk berhenti dari aktivitas ‘sebat’ ini.

Sebuah studi oleh University of Pittsburgh menyebutkan bahwa dengan mencium bebauan seperti cokelat, vanila, dan pappermint dapat menurunkan keinginan merokok. Simpel, bukan?

Dalam studi tersebut mengungkapkan bahwa perokok yang bahkan tidak berkinginan untuk untuk berhenti bisa mengurangi intensitasnya merokok sekitar 23 persen saat mereka mencium bebauan yang mereka senangi.

Hal ini dibandingkan dengan 14 persen perokok yang mencium bau rokok atau bebauan netral.

“Intervensi baru amat sangat dibutuhkan untuk membantu jutaan perokok yang berusaha berhenti namun kesulitan, bahkan dengan pengganti nikotin. Menggunakan bebauan yang menyenangkan untuk mengganggu rutinitas merokok akan menawarkan metode yang berbeda dan baru untuk mengurangi keinginan (merokok), dan hasil kami untuk tujuan ini sangat menjanjikan,” ungkap Ketua studi tersebut, Dr Michael Sayette, seperti dilansir dari Detikhealth, pada Senin (22/4/2019).

Dia melanjutkan bahwa bebauan ini dapat memberikan dampak positif bagi kemampuan seseorang untuk berhenti merokok, walau para ahli mengakui bahwa alasan di baliknya masih belum jelas.

Meski demikian, Sayette mencatat masi perlu riset lebih lanjut untuk melihat apakah strategi ini dapat berguna dengan atau tanpa kombinasi dari pendekatan lainnya.

Jadi, apakah kamu tergerak untuk mencobanya? (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.