Hari Bumi @MalangTODAYnet
Hari Bumi @MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Setiap tahunnya, 22 April selalu diperingati sebagai hari Bumi. Hari ini, menjadi momentum bagi umat manusia untuk mengingat apa saja yang sudah dilakukan kepada Bumi. Termasuk di dalamnya upaya yang bisa dilakukan dalam rangka menyelamatkan Bumi.

1. Mandi dengan Waktu Lama

ilustrasi mandi (istimewa)

Dilansir dari Tempo.co (22/4/2018), aktivitas pertama yang harus kita hindari adalah mandi pagi dengan waktu yang lama. Waktu yang lama ini identik dengan banyaknya air yang akan dihabiskan. Sebagai uaya menyelamatkan Bumi, mari kita bersama-sama menghemat air. Hemat air tidak sama dengan tidak menggunakan air sama sekali untuk mandi ya.

2. Membuang Makanan

Ilustrasi makanan sehat (Istimewa)

Ketika pagi, kita pasti sarapan. Sebaiknya, biasakan untuk selalu menghabiskan makanan. Aktiviktas yang ditekankan di sini adalah sarapan karena sarapan memiliki porsi makan terbesar daripada waktu makan selanjutnya.

3. Menggunakan Kendaraan Pribadi

MalangTODAY.netSemakin banyak kendaraan yang tumpah di jalanan, maka akan semakin banyak pula potensi pencemaran yang disebabkan. Pencemaran dari gas buang kendaraan ini salah satunya bisa mengakibatkan lapisan ozon di atmosfer Bumi menjadi meni[is bahkan berlubang. Jika sudah demikian, keselamatan satu-satunya planet yang dihuni manusia ini dari “serangan-serangan” berbahaya dari lauar angkasa semakin mengancam.

4. Menyalakan Lampu yang Tidak Digunakan

Lebih Hemat Mana Pakai Lampu Pijar, CFL, atau LED? Yuk, Simak Perbandingannya!
ilustrasi lampu @riyanpedia.com

Menyalakan lampu dan peralatan elektronik lainnya berfdampak pada pemborosan energi. Hal ini menjadi faktor yang kian membuat Bumi menderita karena bahan baku pembangkitan energi berasal dari Bumi itu sendiri. Makadari itu, semakin kita boros energi, artinya semakin kita memperburuk kondisi Bumi.

5. Membiarkan Charger Tersambung dengan Stop Kontak

Ilustrasi Stop Kontak @Thinstock
Ilustrasi Stop Kontak @Thinstock

Kebiasan orang-orang masa kini adalah membiarkan perangkat elkektronik mengisi daya ketika mereka tidur. Kemudian pada pagi harinya mereka hanya mencabut perangkat elektronik tanpa melepas charger dari stop kontak. Padahal, ketika charger tersebut masihtersambung dengan stop kontak, maka aliran daya masih terus mengalir. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.