Suasana rapat PPKI @Wikipedia

MALANGTODAY.NET – Tepat pada 7 Agustus 1946, Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) resmi berhenti beroperasi karena dibentuknya badan baru bernama Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Pembentukan PPKI merupakan wujud dari janji manis kemerdekaan yang yang diberikan Jepang saat itu. PPKI dipimpin oleh Ir. Soekarno yang izinnya diberikan oleh marsekal Jepang Hisaichi Terauchi.

Baca Juga: Lihat dari Sisi Berbeda, Inilah 5 Prestasi Prabowo Subiyanto

Dalam keanggotaannya, kita mengenal Soekarno dan Mohammad Hatta sebagai tokoh utama dalam kemerdekaan Indonesia. Namun perlu diketahui bahwa selain mereka berdua, banyak tokoh-tokoh penting yang nggak kalah keren dari keduanya. Mereka ini memiliki andil dalam PPKI.

Penasaran siapa saja mereka? Berikut informasi selengkapnya

Soepomo
Soepomo
Soepomo @Tirto

Pria kelahiran Sukoharjo, Jawa Tengah ini merupakan salah satu tokoh penting dalam PPKI. Selepas PPKI, ia menjabat sebagai Menteri Kehakiman Indonesia. Tak salah mengingat pendidikan yang ditempuhnya di Bataviasche Rechtsschool penjuruan hukum.

Soepomo dinilai beberapa pihak sebagai sumber dari munculnya fasisme di Indonesia karena ia mengagumi sistem pemerintahan yang diterapkan oleh Jepang dan Jerman

Baca Juga: Fakta Menarik W.S. Rendra, Sastrawan Legendaris Indonesia

K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat
K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat
Patung K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat @YouTube

Radjiman yang lahir di Yogyakarta tahun 1879 adalah salah satu sosok pendiri Republik Indonesia. Radjiman adalah seorang dokter yang diperbolehkan oleh guru Belanda untuk masuk kelas setelah ‘hanya‘ mendengarkan pelajaran dari bawah jendela kelas.

Setelah kemerdekaan, ia pernah menjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung (DPA), Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP), hingga menjadi pempmpin siding DPR pertama saat Indonesia kembali dari RIS menjadi NKRI.

Wahid Hasjim
Wahid Hasjim
Wahid Hasjim @Rilis

Menteri Agama pertama Indonesia ini merupakan anak dari Hasyim Asy’ari yang merupakan pendiri dari Nahdlatul Ulama (NU). Ia berumur singkat karena meninggal dunia di usia yang cukup muda, yaitu 38 tahun. Meski demikian, ia dinilai sebagai salah satu tokoh besar dari kalangan Islam.

Wahid Hasjim juga merupakan ayah dari Presiden RI ke-4, Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur.

Baca Juga: Medali Emas Pertama Indonesia dan Kisah Sang Mantan Atlet

Ki Hadjar Dewantara
Ki Hadjar Dewantara
Ki Hadjar Dewantara @Nusantara News

Bernama asli Raden Mas Soewardi Suryaningrat, Ki hajar Dewantara merupakan pendiri dari Taman Siswa. System pendidikan yang digagasnya tetap diterapkan hingga kini, yaitu Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani.

Hingga kini, ia dianugerahi sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Pengabdiannya pada dunia pendidikan mengantarkannya menjadi Menteri Pendidikan Indonesia yang pertama.


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar