Ilustrasi kesurupan (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Pernah lihat orang kesurupan? Jika di Indonesia, kesurupan selalu dikaitkan dengan berbagai hal mistis dan gahib. Orang-orang Indonesia percaya, kesurupan terjadi karena masuknya roh atau makhluk halus ke dalam tubuh seseorang. Duh, serem ya?

Mengutip dari Brillio.net, Sabtu (4/8/2018) sebenarnya kesurupan adalah kondisi di mana tekanan sosial dan mental yang masuk ke dalam arwah bawah sadar manusia.

Baca Juga: Inilah Bukti Kali Item Tak Selamanya ‘Item’

Kondisi ini dalam dunia kesehatan disebut dengan Dissociative Trance Disorder (DTD). Eastern Journal of Medicine menyembutkan bahwa DTD ini dapat membuat seseorang dapat membuat orang bertindak sangat aneh dan bahkan hingga hilang ingatan.

Namun, mengutip dari IDN Times, terlepas dari faktor-faktor psikologis, kesurupan pada dasarnya terkait dengan kondisi spiritual seseorang. Menurut Spiritual Research Foundation, orang yang mengalami kesurupan akan mengalami sensai aneh di seluruh panca inderanya.

Baca Juga: Catat! Ini Daftar 5 Hewan yang Boleh dan Tidak Boleh Dipelihara

Matanya akan terasa seperti tertarik ke dalam tubuh, bibir, mulut dan tenggorokannya juga akan terasa kering. Kulit mereka juga menjadi lebih berminyak dan bahkan timbul ruam-ruam.

Orang yang mengalami kesurupan juga akan mengalami gangguan pada sistem pencernaannya, menjadi sering bersin, bersendawa, buang angin dan mudah merasa ngantuk.

Baca Juga: Mantri Sunat Cantik Ini Bikin yang Sudah Sunat Jadi Pengen Lagi!

Nah bagi para wanita, efek kesurupan bisa menyebabkan sesuatu yang mengerikan, yaitu berupa keguguran bagi yang mengandung dan sulit hamil. Selain itu, energi vital seseorang bisa berkurang drastis saat sedang kesurupan

Duh, serem ya Zens. Apapun itu penyebabnya, tetap fokus dan waspada adalah pilihan yang paling baik, ya. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan juga, ya!


Penulis: Kistin Septiyani
Editor:  Kistin Septiyani