Selain Suriname, 5 Negara Ini Juga Punya Sejarah Erat dengan Indonesia
Ilustrasi (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Tepat di hari ini pada tahun 1975. Sebagai sesama negara bekas jajahan Belanda, Suriname dan Indonesia memang memiliki hubungan yang ‘spesial’.

Medio tahun 1890-1939, banyak masyarakat Jawa hijrah ke negara yang baru merdeka dari Belanda di tanggal 25 November 1975 tersebut. Tercatat ada sekitar 75.000 orang Jawa yang berada di Suriname.

Tak heran jika beberapa kultur dan budaya di negara Suriname menjadi serupa dengan di Indonesia. Maka dari itu Indonesia seperti memiliki hubungan yang spesial dengan Suriname.

Selain Suriname, 5 Negara Ini Juga Punya Sejarah Erat dengan Indonesia
Warung Jawa di Suriname @ Kompasiana

Namun, tentunya bukan hanya Suriname saja yang memiliki keintiman hubungan sejarah dengan Indonesia. Beberapa negara ini juga erat dengan masa lalu kehidupan Nusantara.

Baca Juga  ​Video: Demo 4 November Ricuh
Belanda
Selain Suriname, 5 Negara Ini Juga Punya Sejarah Erat dengan Indonesia
Roy Makaay @ Indosport

Tentu saja negara Belanda tidak bisa tidak lekat dengan Indonesia. Dari berbagai literasi sejarah mengatakan bahwa negara dari daratan Eropa tersebut pernah menjajah Indonesia selama 3,5 abad.

Di dunia modern kini, tak heran jika kemudian beberapa pemain sepak bola terkenal dari Belanda memiliki darah Nusantara. Sebut saja beberapa nama bintang seperti Robin Van Persie, Roy Makaay, Giovanni Van Bronckhorst, dan masih banyak lagi.

Jepang
Selain Suriname, 5 Negara Ini Juga Punya Sejarah Erat dengan Indonesia
Penjajahan Jepang di Indonesia @ Medianita

Setelah Belanda selesai menjajah Indonesia, Jepang kemudian masuk ke Nusantara dan menguasainya. Meskipun dalam tempo waktu yang jauh lebih singkat dibandingkan Belanda, namun banyak sumber sejarah yang mengatakan jika penjajahan Jepang yang singkat itu jauh lebih menyengsarakan dan menyiksa daripada yang telah dilakukan Belanda.

Baca Juga  Habib Rizieq: Malam Ini Juga Ahok Harus Jadi Tersangka

Dewasa ini, Indonesia juga masih tak bisa terlepas dari Jepang sebagai raksasa Asia. Kerja sama antara kedua negara terus dilakukan dalam berbagai bidang.

Madagaskar
Selain Suriname, 5 Negara Ini Juga Punya Sejarah Erat dengan Indonesia
Warga Madagaskar ternyata memiliki nenek moyang orang Indonesia @ Tribunnews

Tak banyak yang tahu tentang Republik Madagaskar selain film animasi kartun berjudul Madagascar yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Ternyata menurut sejarah, Pulau Madagaskar pertama kali dihuni oleh pendatang asal Indonesia.

Diyakini oleh beberapa literatur sejarah jika orang-orang Indonesia melakukan pelayaran dari Kalimantan dan Sulawesi hingga sampai ke pulau tersebut. Bahkan peneliti asal Selandia Baru pernah menyebut bahwa dari hasil analisis DNA dari 266 orang penduduk Madagaskar, ditemukan fakta 22% dari kelompok sampel tersebut memiliki tanda genetik orang Indonesia.

Baca Juga  Wow Keren, 6 Negara Ini Gunakan Bahasa Jawa Sebagai Bahasa Sehari-hari
Hawaii
Selain Suriname, 5 Negara Ini Juga Punya Sejarah Erat dengan Indonesia
Penduduk Hawaii yang berfoto sekitar tahun 1980 an @ Surf Corner

Meskipun terletak cukup jauh dari Indonesia, namun siapa sangka jika Kepulauan Hawaii ternyata juga memiliki sejarah yang romantis dengan Nusantara, khususnya Jawa.

Dalam sebuah buku berjudul A Brief History of Hawaii yang ditulis oleh George Armilage, menyebutkan bahwa ada hubungan spesial antara Hawaii dengan orang-orang Asia. Dalam buku yang sama bahkan dikatakan jika asal nama Hawaii terinspirasi dari kata Jawai’i yang memiliki arti Jawa kecil.

Mesir
Selain Suriname, 5 Negara Ini Juga Punya Sejarah Erat dengan Indonesia
Delegasi Mesir yang datang ke Indonesia untuk mengakui kemerdekaan Indonesia (Istimewa)

Dalam perjuangannya mengusir negara-negara penjajah, segenap rakyat Indonesia berjuang mati-matian hingga kemudian Presiden Soekarno memproklamirkan kemerdekaan di tanggal 17 Agustus 1945.

Bertepatan dengan pecahnya Perang Dunia ke-2, tak banyak negara yang menaruh perhatian dan mengakui kemerdekaan Tanah Air. Negara Mesir menjadi negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia.

Baca Juga  Seniman batu harap Walikota mendatang lebih kenalkan seni Kota Batu

Prajurit Mesir bernama Mohammad Abduk Mu’nim dengan berani menembus pertahanan Belanda untuk pergi ke Jogjakarta yang saat itu menjadi ibu kota sementara. Ia mendapat amanah dari pemerintah Mesir untuk menyampaikan dokumen resmi jika Mesir mengakui kemerdekaan Indonesia.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.