Ilustrasi mudik malam hari @aktual
Ilustrasi mudik malam hari @aktual

MALANGTODAY.NET – Lebaran tinggal menghitung hari. Perantauan Malang yang sedang mempersiapkan mudik perlu juga memperhatikan waktu yang baik untuk perjalanan ke kampung halaman.

Sudah banyak tulisan yang membahas tentang tips dan trik saat mudik lebaran. Salah satu tips saat mudik lebaran adalah memperhatikan kondisi kesehatan. Hal ini penting dilakukan agar perjalanan mudik bisa berlangsung dengan aman, nyaman, lancar, dan terkendali.

Lebih-lebih bagi ZensTODAY yang berencana mudik dengan kendaraan pribadi. Selain harus berhati-hati, Zens juga bertindak sebagai sopir yang membawa keluarga. Jangan sampai karena gangguan kesehatan saat menyetir, perjalanan mudiknya terhambat.

Hal lain yang tidak kalah penting juga terkait waktu mudik. Biasanya, banyak pengemudi yang berangkat pada malam hari. Kendati juga banyak yang mudik pada siang hari. Baik berangkat siang atau malam, keduanya memiliki risiko yang sama.

Direktur Safety Defensif Consultant Indonesia (SDCI), Sony Sumarna mengatakan tidak ada peraturan baku soal mudik pada siang atau malam hari. Sony menekankan yang terpenting adalah meyesuaikan jam bilogis dan kemampuan mengemudi masing-masing pemudik.

Ada pemudik yang nyaman berangkat pada siang hari. Ada pula pemudik yang lebih lihai saat perjalanan malam hari.

“Tergantung, orang tersebut nyaman mengemudi siang hari atau malam hari. Cukup menyesuaikan dengan jam biologis dan kemampuan itu sendiri,” ungkapnya, seperti dilansir dari Kompas, pada Selasa (28/5/2019).

Sony menambahkan bahwa baik mudik siang atau malam, keduanya memiliki risiko kurang lebih sama.

“Jika malam tentunya jarak pandang terbatas, dan lain sebagainya. Tetapi ada pengemudi yang lebi awas di malam hari ketimbang siang, begitu juga sebaliknya, jadi kami sarankan sesuai dengan tingkat kenyamanan masing-masing saja,” lanjutnya.

Dia juga kembali menekankan lagi terkait kenyamanan pengemudi. “Paling penting, pemudik tersebut lebih nyaman mengemudi siang atau malam hari, karena jika dipaksakan akan berdampak negatif,” terangnya.

Mudik siang atau malam, Zens? tetap waspada dan hati-hati ya! (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.