Ilustrasi buah blewa @argoekoteknologi

MALANGTODAY.NET – Olahan es blewah memang menyegarkan jika diminum saat buka puasa. Sajian es blewah di meja makan, bisa mengobati rasa haus selama seharian menahan lapar dan minum. Apalagi jika dicampur dengan sirup dan es, segelas es blewah tentu membuatmu ketagihan.

Es blewah memang menggoda. Buah yang berbentuk bulat bergerigi ini memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Dagingnya berwarna oranye, membuat siapapun tergelitik untuk menyantabnya.

Buah ini mudah sekali didapat di pasar tradisional, pedagang buah, atau di supermarket sekalipun. Buah yang cukup familiar di masyarakat Indonesia ini, umumnya banyak dimanfaatkan untuk campuran es. Baik es buah, es blewah, atau es campur. Semuanya memiliki rasa yang enak.

Ilustrasi es blewah @fimela
Ilustrasi es blewah @fimela

Ternyata, buah yang memiliki nama latin cucumis melo var cantalupensis ini mengandung banyak nutrisi, loh, ZensTODAY. Makan buah ini juga berpengaruh baik bagi kesehatan tubuh. Jadi, bagi Zens yang terbiasa dan senang dengan buah ini, kalian termasuk orang-orang yang beruntung.

Sebab, selain bermanfaat bagi tubuh, buah blewah juga kaya nutrisi. Nutrisi buah blewah antara lain sumber serat, zat antioksidan, zat betakaroten, potasium, magnesium, sumber vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Nutrisi yang banyak tersebut, tentu berdampak baik bagi kesehatan. Seperti disarikan dari berbagai sumber, berikut manfaat buah blewah bagi tubuh.

Sangat baik untuk diet

Blewah digadang-gadang sebagai buah yang baik untuk program diet. Sebab, buah ini memiliki kandungan kalori yang rendah. Per 100 gram buah blewah, mengandung 60 kalori.

Bagi Zens yang sedang melakukan program diet, buah blewha sangat baik untuk dikonsumsi.

Mengonsumsi blewah, baik secara langsung ataupun olahan, bisa mencegah kekurangan nutrisi, pencernaan yang buruk, kekebalan tubuh yang rendah, dan keluhan tubuh lemas. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral juga baik untuk proses menurunkan badan.

Ilustrasi buah blewah @liputan6
Ilustrasi buah blewah @liputan6
Urusan perut jadi mudah

Kandungan air yang melimpah pada blewah, mampu menghidrasi tubuh. Manfaat blewah bagi pencernaan bisa mendetoksifikasi tubuh, buang racun, dan membantu usus mencerna makan dengan baik.

Blewah juga dapat membantu mencerna karbohidrat. Blewah juga bisa mencegah gangguan pencernaan lainnya.

Cocok buat kulit

Sumber karotenoid (pigmen organik tumbuhan) yang tinggi bisa mengurangi risiko kanker kulit. Pigmen ini juga bisa menghilangkan rasa sakit dan kerusakaan kulit yang terjadi karena sengatan matahari.

Manfaat lain dari karotenoid adalah bisa mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit, termasuk garis-garis halus, keriput, dan perubahan warna.

Mencegah kanker

Penting sekali diketahui, bahwa kandungan antioksidan pada blewah bisa mencegah kanker. Peran antioksidan yakni melindungi tubuh serta sel dan struktur tubuh lainnya dari kerusakan tekanan DNA.

Buah blewah juga enggak bikin ribet. Zens bisa memakannya secara langsung, atau dibuat es dan jus. Semuanya sama-sama enak!

Siap berbuka dengan buah blewah hari ini? Cus! Zens bisa buat sendiri atau beli. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.