Sylvia Saartje, Lady Rocker Pertama Indonesia Akan Gelar Konser Emas
Sylvia Saartje (tengah) dalam Konferensi Pers di Hotel Tugu, Kota Malang (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Siapa tidak kenal Sylvia Saartje? Sebuah konser berkelas emas Sylvia Saartje akan digelar di Studio UB TV Universitas Brawijaya Malang pada Sabtu, 15 September 2018, yang dimulai pukul 20.00 WIB.

Konser ini memang sepenuhnya akan menampilkan musisi perempuan. Mereka adalah Dhea yang main drum, Ellen di bass, Vyta di bass juga, Yeyen dan Devi di rhythem gitar, Noby, Gea, Tika di melody gitar, Gea serta Putri yang bermain keyboard.

Selain itu, konser emas Sylvia ini juga dimeriahkan oleh 10 aremanita lainnya yang akan memperindah lagu melalui string ensamble.

Ada 8 komposisi dimana lagu dan liriknya ditulis Sylvia. Dan 2 lagu berikutnya berjudul  Biarawati (ciptaan Ian Antono tahun 1978-1979) dan Jakarta Blue Jeans ku (ciptaan Farid Hardja tahun 1984).

Baca Juga: Dulu Sangat Mahal di Indonesia, 4 Barang Ini Kini Tak Ada Nilainya

Ada yang belum tahu, siapa sebenarnya Sylvia Saartje? Sylvia merupakan penyanyi wanita Indonesia pertama yang diberi gelar Lady Rocker, yang berasal dari Malang, Jawa Timur.

“Julukan Lady Rocker Pertama Indonesia, disematkan pertama kali dimuat oleh Majalah Aktuil. Saat itu Majalah Aktuil  sebagai penyelenggara pertunjukan rock bertajuk VACANCY ROCK tahun 1970-an di Kota Malang,” ucap Sylvia saat berada di Hotel Tugu, Rabu (12/9).

Jauh sebelum dikenal dengan julukan Lady Rocker Pertama di Indonesia, Sylvia tercatat sebagai pembuka jalan bagi penyanyi rock perempuan untuk dapat berekspresi, seperti yang ditulis beberapa wartawan Jakarta.

Setelah dinobatkan sebagai Lady Rocker Pertama, maka mulai bermunculan puluhan penyanyi perempuan yang menempuh jalan yang sama, seperti Anggun C Sasmi, Nicky Astria, Mel Shandy, Atiek CB, Euis Darliah, Hilda Ridwan Mas, dll.

Baca Juga: 5 Kota Seks Bebas Terparah se-Indonesia, Nomor 3 Bikin Kaget!

Sylvia Saartje, Lady Rocker Pertama Indonesia Akan Gelar Konser Emas
Sylvia Saartje saat diwawancarai awak media (Istimewa)
Perjalanan Karir Sylvia Saartje

Tahun 1988, Sylvia mengikuti Konser 100 Kota Besar di Indonesia bersama dengan Achmad Albar dan Godbless juga grup band lainnya.

Lalu akhir tahun 1988, Sylvia pergi ke New York, Amerika dan sempat vakum berkarir. Selanjutnya, tahun 1994 Sylvia kembali lagi ke Indonesia dan membuat album Take Me With You. Dalam 11 album rekaman, Sylvia ikut serta menjadi penulis lagu.

“Sejak krisis moneter tahun 1998, lagu-lagu yang masih berupa Master belum sempat edar sampai saat ini, yang berisi 11 lagu ciptaan saya sendiri,” ucapnya.

Perlu diketahui bahwa untuk menyaksikan Konser Emas Sylvia Saartje, panitia telah menyiapkan undangan gratis dalam jumlah terbatas melalui sistem reservasi.

Baca Juga: 12 Tahun Terpisah, Kini Pluto Bisa Kembali Pulang ke Tata Surya!

Undangan khusus akan disampaikan kepada para stake holder yang selama ini memiliki kepedulian terhadap pemajuan kebudayaan khususnya seni budaya musik.


Reporter: Rosita Shahnaz
Editor: Swara Mardika

Loading...