Tarik Draf RUU Permusikan, Anang Baru Sadar Banyak Masalah?
Anang Hermansyah @Kapanlagi

MALANGTODAY.NET – Jelang masa persidangan IV DPR RI, terdapat sekitar 34 Rancangan Undang-undang (RUU) yang masih dalam tahap pembahasan dengan rincian empat RUU akan segera disahkan. Namun anggota Komisi X DPR, Anang Hermansyah baru-baru ini dikabarkan telah menarik usulan RUU Permusikan yang sebelumnya sudah diterima oleh Badan Legislasi DPR RI.

Dilansir dari DetikNews, Kamis (7/3/2019), alasan Anang menarik kembali usulan tersebut lantaran polemik yang timbul pasca munculnya wacana RUU Permusikan beberapa waktu lalu. Penarikan usulan ini juga mempertimbangkan masukan dan saran atas RUU tersebut serta rencana musyawarah besar (mubes) komunitas musik Indonesia.

“Agar terjadi kondusivitas di seluruh stakeholder ekosistem musik di Indonesia,” tutur Anang singkat.

Anang juga menambahkan bahwa tindakan ini merupakan perannya sebagai wakil rakyat yang menerima masukan dari stakeholder, khususnya masyarakat dari ekosistem musik Indonesia. Beberapa masukan seperti revisi dan penghilangan pasal sedang dalam tahap ditampung.

“Saya sebagai wakil rakyat yang berasal dari ekosistem musik, wajib hukumnya menindaklanjuti aspirasi dari stakeholder. Sama halnya saat mengusulkan RUU Permusikan juga berpijak pada aspirasi dan masukan dari stakeholder. Ini proses konstitusional yang lazim dan biasa saja,” kata mantan suami Krisdayanti itu.

Musisi yang pernah dikabarkan dekat dengan penyanyi Syahrini itu menjelaskan bahwa sektor musik Indonesia perlu dirembukkan bersama. Tujuannya untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada. Anang mencontohkan perkembangan teknologi sebagai salah satu masalah itu.

“Seperti konstruksi hukum di sektor musik kita masih 2.0, padahal saat ini eranya sudah 4.0. Di Amerika, pada 11 Oktober 2018 lalu baru disahkan Music Modernization Act (MMA), regulasi terkait dengan hak cipta untuk rekaman audio melalui teknologi berupa streaming digital. Bagaimana dengan kita di Indonesia?” jelasnya. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.