Ditolak Ratusan Musisi, Iqbaal ‘Dilan’ Justru Dukung RUU Permusikan!
Iqbaal Ramadhan @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Belakangan ini, ratusan insan yang berkecimpung di belantika musik Indonesia ramai-ramai menolak Rancangan Undang-undang (RUU) Permusikan. Banyak yang menilai RUU ini akan membatasi ruang gerak musisi untuk berkarya. Namun sebaliknya, penyanyi Iqbaal Ramadhan justru mengaku mendukung RUU yang digagas oleh Anang Hermansyah itu.

Dilansir dari Matamata.com, Minggu (10/2/2019), mantan personil CJR ini mengaku bahwa RUU Permusikan memiliki niat baik untuk memajukan dan menyejahterakan musisi Indonesia. Menurut Iqbaal, dirinya pribadi ingin profesi musisi diakui dalam tata kenegaraan di Indonesia.

“Saya percaya kalau RUU itu dibuat untuk sesuatu yang baik untuk musisi, karena saya juga selaku musisi saya juga ingin musisi punya pengakuan di dalam tata kenegaraan di Indonesia. Saya ingin di KTP nanti tidak hanya ditulis sebagai musisi saja tapi bisa ditulis sebagai musisi, aktor dan lainnya,” kata Iqbaal.

Meski demikian, pemeran Dilan dalam film Dilan 1991 ini tak memungkiri bahwa RUU Permusikan masih membutuhkan sejumlah perbaikan di beberapa bagian. Menurutnya, hal itu dinilai wajar karena suatu rancangan pasti terdapat trial and error dan kesalahan.

Iqbaal sendiri juga mengaku turut menyayangkan sikap sejumlah musisi yang memberi tanggapan negatif. Dalam sudut pandangnya, ia menemukan banyak pasal yang justru bisa membantu masa depan para musisi.

“Yang saya sayangkan adalah ketika RUU itu ingin dirancang, baru ingin dibangun untuk musisi, lalu ada pasal-pasal yang baru dirancang yang belum disahkan yang masih bisa diobrolin tapi orang sudah melihat RUU Permusikan ini sudah salah semuanya. Padahal di dalamnya ternyata gue lihat banyak hal-hal yang baik,” imbuhnya.

Polemik RUU Permusikan ini masih menjadi pembicaraan hangat di kalangan musisi. Ada sekitar 200 musisi lebih yang membentuk Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan. Di antaranya adalah Cholil ‘Efek Rumah Kaca’, Danilla Riyadi, Rara Sekar, hingga Marcell Siahaan. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.