Masih Hidup, Eddie Vedder Jadi 5 Vokalis Terakhir Top 5 Band Grunge Era 90-an
Eddie Vedder (Rolling Stone)

MALANGTODAY.NET – Tepat pada hari ini, 23 Desember 1964, Eddie Vedder lahir di Illinois, Amerika Serikat. Sejak medio akhir 1980-an, Eddie Vedder bergabung dengan salah satu band grunge terbesar di dunia, Pearl Jam.

Di era kejayaannya, musik grunge memiliki beberapa unit band andalan yang konon hari ini telah dinobatkan sebagai legenda. Beberapa media kerap menyebut 5 band ini sebagai yang terbesar dalam sejarah musik grunge dan paling berpengaruh. Kelima band ini kemudian dikenal sebagai pionir aliran musik Seattle Sound.

Di usianya yang kini menginjak 54 tahun, Eddie Vedder menjadi peninggalan terakhir dari 5 band teratas era kejayaan musik grunge di tahun 90-an tersebut. Rekan-rekannya yang lain telah tewas dan tak sedikit yang memilih cara mengenaskan; bunuh diri.

Baca Juga  Hari Kereta Api Nasional, PT KAI Rilis Rangkaian Kereta Baru Sebagai Kado

Selain Pearl Jam, siapakah keempat band yang menghuni papan atas band grunge terbesar sepanjang sejarah itu?

Nirvana – Kurt Cobain

Salah satu cerita terbesar yang pernah dihadirkan dari khasanah musik rock adalah tewasnya vokalis dan pentolan Nirvana, Kurt Cobain di tahun 1994. Kurt memilih untuk mengakhiri hidupnya sendiri setelah tak sanggup lagi bertarung dengan penyakit mental yang ia hadapi.

“Saya tak merasa nyaman berada di sini tanpa dia (Kurt Cobain) (…) Saya masih berbicara tentang dia seolah-olah dia masih berada di sini, ini sungguh tak masuk akal,” cerita Eddie Vedder soal kematian Kurt Cobain dikutip dari angelfire.com.

Baca Juga  Sejarah Hari Ini: Bagaimanapun Inggris Pernah Icip Rasanya Juara Piala Dunia
Alice In Chains – Layne Staley

Vokalis Alice In Chains Layne Staley juga telah meninggal di tahun 2002 silam. Layne ditemukan meninggal di apartemennya dengan keadaan pucat dan sangat kurus. Diduga kematian Layne Staley berhubungan dengan pemakaian obat-obatan terlarang.

Dalam sebuah konser Pearl Jam, Eddie Vedder pernah melakukan tribute yang emosional untuk Layne Staley.

“Ini hari ulang tahun seorang pria bernama Layne Staley malam ini, dan kami juga memikirkannya malam ini. 49 tahun,” kata Vedder di hadapan para penonton sebelum mempersembahkan lagu Man Of The Hour untuk sahabatnya itu.

Baca Juga  Yuk, Nostalgia Bersama Tayangan Pertama MTV 37 Tahun Lalu
Stone Temple Pilots – Scott Weiland

Pada tanggal 3 Desember 2015, vokalis band Stone Temple Pilots, Scott Weiland juga tewas akibat overdosis. Meskipun Pearl Jam mengaku tak terlalu dekat dengan Stone Temple Pilots maupun Scott Weiland, namun mereka tetap mengucapkan ucapan turut bela sungkawa melalui media sosial.

Soundgarden – Chris Cornell

Belum cukup juga kepiluan Eddie Vedder yang ditinggal rekan-rekannya ini. Di tanggal 18 Mei 2017, sahabatnya karibnya, seorang vokalis di band Soundgarden dan Audioslave, Chris Cornell juga tewas akibat bunuh diri.

Chris Cornell bagi Eddie Vedder sudah seperti kakaknya sendiri. Mereka berdua beberapa kali terlimbat dalam satu proyek yang sama.

Baca Juga  Kekalahan Paling Memalukan Klub Sepak Bola Terbaik Dunia, Barcelona

Ditinggal pergi oleh sahabat terkasih, dalam sebuah konser Pearl Jam, bahkan Eddie sempat ‘curhat’ panjang lebar kepada para penonton untuk mengenang memori dan segala pengalaman hidupnya bersama Chris Cornell.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.