5 Fakta Megejutkan Bon Jovi from Java, Didi Kempot
Ilustrasi Didi Kempot @MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Selamat ulang tahun, Didi Kempot! Yap, penyanyi campursari bernama asli Didi Prasetyo ini hari ini genap berusia 52 tahun. Meski sudah berkepala lima, penyanyi yang dijuluki sebagai Bon Jovi from Java ini telah menelurkan ratusan tembang yang menasbihkan dirinya sebagai ikon musik campursari.

Didi Kempot lahir di Solo, pada 31 Desember 1966. Bakat seninya diturunkan dari ayahnya yang merupakan pelawak ternama dari Kota Solo, Ranto Edi Gudel atau Mbah Ranto. Popularitas luar biasa Didi disandingkan dengan maestro keroncong, Gesang, yang turut menjadi kebanggaan warga Kota Solo.

Tak banyak yang mengetahui, karir bermusik yang telah dirintis sejak tahun 1990-an menyimpan banyak kisah yang menjadikan Didi Kempot menjadi sosok yang sangat populer hingga kini. Penasaran? Berikut 5 fakta menarik seputar Bon Jovi from Java dilansir dari Warning Magz.

Tidak Selesai SMA
Tidak Selesai SMA
Didi Kempot mengaku tidak tamat SMA @IDN Times

Didi diketahui tidak menamatkan bangku sekolahnya. Saat masih duduk di tingkat SMA, ia memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolahnya. Usut punya usut, ia terpengaruh perkataan bapaknya yang mengatakan bahwa menjadi seniman tidak perlu sekolah tinggi karena yang terpenting adalah praktik. Alhasil, ia keluar dari sekolah.

Sejarah Nama ‘Kempot’
Sejarah Nama ‘Kempot’
Didi Kempot pernah menjajal profesi sebagai pengamen di Yogyakarta @IDN Times

Terlahir dengan nama Didi Prasetyo, banyak orang awam yang bertanya-tanya tentang nama Kempot di belakangnya. Setelah ditelusuri, Kempot adalah singkatan dari Kelompok Penyanyi Trotoar. Didi Kempot mengaku bahwa dirinya merupakan pengamen yang eksis di jalanan Yogyakarta pada tahun 1984 – 1989.

Jadi Duta Kereta Api Gara-gara Stasiun Balapan
Jadi Duta Kereta Api Gara-gara Stasiun Balapan
Lagu Stasiun Balapan ciptaan Didi Kempot @YouTube

Stasiun Balapan adalah salah satu tembang terbaik yang pernah ditelurkan oleh Didi. Lagu tersebut sudah melekat pada dirinya yang kemudian oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI), ia dinobatkan sebagai Duta Kereta Api. “Mungkin muka saya ini cocok,” candanya.

Kolaborasi dengan Endank Soekamti
Kolaborasi dengan Endank Soekamti
Didi Kempot (kanan) bersama vokalis Endank Soekamti, Erix @Liputan6

Nama besarnya di dunia musik campursari membuat band rock asal Yogyakarta, Endank Soekamti, mengajaknya berkolaborasi dalam lagu Parangtritis di tahun 2013. Kolaborasi ini disebut Didi tak butuh rencana panjang. Namun untungnya, lagu tersebut bisa diterima oleh masyarakat Indonesia.

Sering Diajak Kampanye Parpol
Sering Diajak Kampanye Parpol
Didi Kempot saat menghadiri undangan pernikahan putra Presiden Indonesia, Joko Widodo @Metro TV

Nama besar Didi beberapa kali dimanfaatkan oleh oknum politisi dalam rangka berkampanye. Ia beberapa kali diundang oleh partai politik (parpol) untuk menyanyi. Meski demikian, ia mengaku hanya menjadi penonton dalam perkembangan politik tanah air.


Penulis : Radea Hafidh
Editor : Radea Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.