Ari Lasso vs Once Mekel, Mana Vokalis Dewa 19 Favoritmu, Zens?!
Ilustrasi Ari Lasso @MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Dewa 19 merupakan salah satu band papan atas yang pernah merajai belantika musik Indonesia sejak pertama kali aktif pada tahun 1986 hingga era 2000-an. Band asal Surabaya yang dimotori oleh Ahmad Dhani dan Andra Junaidi ini beberapa kali mengalami bongkar pasang personil.

Namun dari beberapa personil yang datang silih berganti, sektor vokal patut menjadi perhatian. Tercatat, Dewa 19 pernah memiliki nama Ari Lasso dan Once Mekel di sektor vokal. Keduanya memiliki kemampuan vokal yang sama sekali bertolak belakang. Namun uniknya, keduanya sama-sama memberikan kejayaan untuk band dengan caranya masing-masing.

Lalu, siapa vokalis Dewa 19 yang terbaik menurutmu, ZensTODAY? Dilansir dari Kumparan.com, ini ulasan selengkapnya.

Ari Lasso
Ari Lasso
Ari Lasso @Fimela

Ari Lasso adalah vokalis Dewa 19 yang aktif pada periode 1991 hingga 1999. Ia memiliki karakter suara dengan timbre yang rendah. Namun seiring berjalannya waktu, suara Ari makin meninggi dan powerful. Beberapa lagu yang menggunakan jasa suaranya seperti Kirana, Kamulah Satu-satunya, dan Manusia Biasa.

Namun sayang, pria yang hari ini berulang tahun ke-46 itu sempat terjerat kasus narkoba yang menimbulkan konflik di band. Alhasil, kondisinya yang makin buruk membuatnya keluar dari band. Beruntung, selepas dari narkoba, karirnya diselamatkan oleh Melly Goeslaw dan membuatnya sukses bersolo karir. Tembang populer yang dibawakannya seperti Misteri Ilahi, Mengejar Matahari, dan Hampa.

Once Mekel
Once Mekel
Once Mekel @Baca

Once menggantikan posisi Ari sejak 1999 hingga 2011. Once memiliki karakter suara yang sangat berolak belakang. Jangkauan suara Once sangat tinggi, lebih parau, dan serak. Meski begitu, ia berhasil mengantarkan Dewa 19 berjaya sekali lagi dengan karakter vokal khas miliknya. Beberapa tembang seperti Laskar Cinta, Arjuna, dan Dewi membuat penggemar mulai melupakan Ari Lasso.

Once juga beberapa kali mencoba solo karir. Salah satu lagu yang dikenang oleh penikmat musik Indonesia yang dinyanyikan olehnya adalah Dealova.(sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.