Adu Lagu Jokowi vs Prabowo: Goyang Jempol vs The Power of Emak-emak. Mana Favoritmu?
Joko Widodo (kiri) dan Prabowo Subianto @SuratKabar

MALANGTODAY.NET – Pada kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, publik disuguhkan akan kreativitas tim sukses (timses) dari masing-masing pasangan calon (paslon). Salah satu ‘alat’ untuk berkampanye yang dianggap populer adalah melalui medium musik dan lagu. Wajar saja, musik sudah menjadi salah satu bagian dari kehidupan berbangsa dan budaya masyarakat Indonesia.

Lalu bagaimana penerapannya oleh masing-masing timses kali ini? Baik kubu Joko Widodo – Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno sudah memiliki lagu andalan masing-masing. Masing-masing lagu juga sudah beredar di YouTube.

Penasaran? Berikut ulasan selengkapnya.

Goyang Jempol Jokowi Gaspol

Simpatisan Jokowi – Ma’ruf memperkenalkan lagu Goyang Jempol Jokowi Gaspol dalam Pilpres 2019 kali ini. Video yang diupload di kanal Kill the TV ini diproduseri oleh musisi Kill the DJ dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Untuk sektor vokal ada Paksi Raras dan Silir Pujiwati.

Setting video ini dominan berada di pasar. Hal ini seolah menunjukkan bahwa Jokowi adalah presiden yang peduli akan ekonomi kerakyatan berbasis pasar. Namun video ini juga memperlihatkan sentuhan milenial lewat kehadiran beberapa pemuda yang merekam flash mob goyang jempol di pasar yang kemudian diunggah ke YouTube.

Beberapa sosok public figure juga muncul dalam video ini. Di antaranya adalah Cak Lontong, Gading Marten, Kirana Larasati, Sophia Latjuba, Desta, Arie Kriting, hingga Yenny Wahid. Secara tidak langsung, lagu ini hendak menyampaikan bahwa Jokowi dekat dengan rakyat dan milenial.

Namun sayangnya, video ini hanya fokus pada sosok Jokowi seorang. Padahal, Pilpres kali ini juga melibatkan Ma’ruf Amin yang tak lain adalah pasangannya.

The Power of Emak-emak

Tak diketahui secara pasti apakah video ini resmi diproduksi oleh timses Prabowo – Sandi. Namun video musik yang diunggah lewat kanal milik Harizky Anugrah menampilkan sekelompok emak-emak yang melakukan flash mob di suatu tempat di perbukitan rindang. Penyanyi lagu ini tentu saja adalah para emak-emak, pendukung militan Prabowo – Sandi.

Setting video ini selain memperlihatkan emak-emak yang bernyanyi dan berjoget bersama, juga menampilkan beberapa scene tentang sulitnya hidup di Indonesia. Mulai dari harga bahan pokok yang mahal, lapangan pekerjaan yang susah, dan biaya pengobatan yang mahal. Alur cerita video ini dominan menampilkan emak-emak sebagai tokoh utama.

Berbeda dengan video klip pendukung Jokowi, pendukung Prabowo tak banyak menampilkan public figure –bahkan bisa dibilang hampir tidak ada-. Hal itu seolah menunjukkan kedekatan Prabowo – Sandi dengan emak-emak yang notabene adalah kalangan dominan di Indonesia.

Namun plusnya adalah pembuat video ini tak sekedar mengeksplor Prabowo sebagai capres, melainkan juga Sandiaga Uno. Hal ini seolah menunjukkan bahwa keduanya adalah satu kesatuan pemimpin Indonesia.

Jadi, mana favoritmu, Zens? Mimin sih pilih Emak-emak Goyang Jempol deh! (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.