Ilustrasi menyetir @doripos
Ilustrasi menyetir @doripos

MALANGTODAY.NET – Mudik menggunakan kendaraan pribadi memang menjadi pilihan tersendiri. Banyak alasan, terutama dengan kendaraan pribadi perjalanan menjadi lebih cepat dan tidak berdesak-desakan di dalam kendaraan.

Mudik dengan kendaraan pribadi tak selamanya lancar juga. Banyak kendala yang kadang menghampiri para pemudik ini. Salah satunya adalah kondisi tubuh yang lemah, letih, dan capek. Apalagi menempuh perjalanan jauh, menjaga kondisi tubuh tetap prima dan fit sangat dibutuhkan.

Letih dan capek saat mengemudi memang menjadi hal yang lumrah. Namun, hal itu bisa diantisipasi dengan trik berikut ini. seperti dilansir dari CNNIndonesia, pada Jumat (24/5/2019) berikut trik mengemudi yang benar saat mudik lebaran!

Posisi badan

Posisi badan sangat penting diperhatikan. Jangan biarkan badan terlalu dekat dengan setir. Langkah tersebut diperlukan agar pengemudi lebih leluasa mengola roda kemudi.

Perhatikan pula posisi lengan, jangan sampai terlalu menekuk dan usahakan lurus saat tangan menggenggam lingkar kemudi.

Pengemudi juga harus memastikan tempat duduk sudah diatur dengan nyaman, agar perjalanan berjalan dengan lancar.

Rapatkan punggung ke sandaran kursi

Punggung harus selalu menempel ke sandaran kursi untuk meminimalisir cedera saat terjadi insiden kecelakaan. Tapi perlu diketahui, meski punggung menempel di sandaran kursi, pastikan jika pandangan untuk melihat kaca spion tidak terganggu.

Perhatikan posisi tangan dengan baik

Ada dua cara memegang kemudi agar sopir lebih rileks dan mudah memutar setir saat bermanuver ke kiri dan kanan.

Pertama, untuk mobil kecil atau sedan, posisi tangan harus mengikuti arah jarum jam 10 (tangan kiri) dan 2 (tangan kanan).

Kedua, mobil lebih besar jenis mini bus, tangan dapat diposisikan ke arah pukul 9 (untuk tangan kiri) dan 3 (untuk tangan kanan).

Posisi kaki

Kaki menjadi instrumen penting bagi pengemudi saat menginjak pedal gas, rem, dan kopling. Oleh sebab itu harus membuat kaki terasa nyaman selama aktivitas mengemudi.

Posisi kaki harus dibuat tidak terlalu menekuk. Jika kaki terlalu menekuk menyebabkan aliran darah terganggu dan membuat pengemudi menjadi lebih cepat merasa letih. (Bas)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.