Mengenang Ir Unggul Abinowo, Ini 5 Fakta Beliau yang Jarang Diketahui Orang
Mending Ir. Unggul Abinowo, MS, MBA@MalangTODAY

MALANGTODAY.NET– Nama Unggul Abinowo telah terukir abadi di lubuk hati orang-orang tercinta. Tepat pada Kamis, 11 April 2019 lalu beliau dipanggil oleh Allah SWT untuk selama-lamanya. Meski demikian, semangat dan perjuangannya masih terus berkobar bak api abadi.

Namun, banyak orang yang belum mengenal sosoknya. Untuk itu telah MalangTODAY rangkum 5 fakta menarik dari Unggul Abinowo.

1. Putra dari Mantan Rektor Universitas Brawijaya 
Ir. Unggul Abinowo, MS, MBA bersama Rektor UB,  Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS.@MalangTODAY

Ir. Unggul Abinowo, MS, MBA lahir di Semarang, 6 Mei 1960 (59) dari pasangan Prof. Dr. Ir. Moeljadi Banoewidjojo dan Soemarni Kartamihardja. Unggul kecil memang terlahir dari keluarga akadmisi.

Sang Ayah, Moeljadi, merupakan mantan rektor Universitas Brawijaya (UB) periode 1968-1971. Sebagai anak seorang akademisi, justru sang Ayah-lah yang mendorong dirinya untuk menjadi seorang pengusaha sukses hingga akhir hayatnya.

2. Pengusaha Sukses
Ir. Unggul Abinowo, MS, MBA@MalangTODAY.net

Sejak SMA, Unggul kerap kali diajak Sang Ayah pergi ke sawah. Sebagai anak dari profesor pertanian, kegiatan bercocok tanam sangat lekat dengan dirinya. Berkat didikan ke sawah inilah membuatnya mulai membuka usaha pertama di bidang pertanian.

Bermodal uang saku, Unggul membuka usaha pertanian dengan menyewa lahan dan ditanami padi. Pada saat itu, hasil yang didapat cukup sukses dan semakin berkembang tatkala dirinya mengambil studi pertanian di UB. Bukan malah merosot, lahan yang dimiliki Unggul justru bertambah menjadi sekitar 15 hektare. Banyak komoditi yang dihasilkan dari lahannya itu, mulai dari tanaman pangan hingga perkebunan.

Lulus kuliah, Unggul memutar otak dengan menabung dan membeli lahan di daerah Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Tanah tersebut ditanami bawang merah dan semangka. Dua komoditi ini, Unggul berhasil meraup keuntungan dan mengembangkan.

Tidak berhenti disitu, Unggul kemudian melebarkan sayap ke bidang bisnis lainya seperti rumah makan, penginapan, budidaya, kopi, dan tentu masih banyak lagi.

3. Berprestasi
Ir. Unggul Abinowo, MS, MBA bersama DeskripsiJenderal TNI Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, M.A., GCB., AC. adalah Presiden Indonesia ke-6

Berkat kegigihannya tersebut, Unggul dikirim ke Australia oleh Dinas Pertanian Jawa Timur untuk melakukan studi banding pertanian pada tahun 1991. Sepulang dari sana, Unggul berhasil membuat satu formula perawatan tanaman. Formula ini dikenal dengan merk Constan 2000.

Selepas itu, berbagai prestasi terus ditorehkan oleh beliau, dari pelopor tingkat nasianal pada tahun 1996, penghargaan sebagai pelaku usaha (UKM) yangmenerapkan sistam jaminan mutu dari mentri pertanian. Untuk produk, salah satu produk olahandari ubi jalar (bakpao telo) mendapatkan penghargaan sebagai produk inovasi makanan terbaik dalam pemeran SMEsCO tahun 2006, dan tentu masih banyak lagi.

4. Penyayang Keluarga
Unggul Abinowo, bersama istri Anggraini Rachmawati Sri Dewi dan kedua putranya Abinanto Dewabrata dan Mohamad Farel Abinowo@MalangTODAY

Tahun 1993 menjadi tonggak kehidupan Unggul. Bersama sang istri, Dra.psi Anggraini Rachmawati Sri Dewi, Unggul meneguhkan hatinya untuk mengarungi bahtera rumah tangga.

Buah keharmonisan rumah tangganya itu, Unggul dan Anggraeni dikaruniai dua orang anak, yakni Abinanto Dewabrata dan Mohamad Farel Abinowo.

Kedua putra kebanggannya mengikuti jejak sebagai pengusaha dalam bidangnya masing-masing. Sebagai seorang suami dan ayah dari dua orang anak, Unggul dikenal pribadi yang amat sayang dengan keluarga.

5. Visioner
Ir. Unggul Abinowo, MS, MBA@MalangTODAY.net

Di mata rekan kerja dan pegawainya, Bapak Unggul memiliki pandangan yang jauh kedepan alias visioner. Banyak inovasi, ide, maupun terobosan-terobosan yang dicetuskan. Contoh nyatanya seperti pendirian Sentra Pengembangan Agribisnis Terpadu (SPAT) yang berdiri sejak 6 Mei 1999 yang sekarang bernama Repoeblik Telo.

PT Repoeblik Telo merupakan salah satu usaha di bidang agribisnis yang menyediakan kebutuhan bahan baku hasil pertanian, pasca panen, penyediaan sarana produksi pertanian, pengolahan pasca panen dan pemasaran dari hulu hingga hilir, dengan komunitas utama ubi jalar (telo: dalam bahasa Jawa).

PT Repoeblik Telo mampu beliau kelola secara modern dengan memanfaatkan sarana teknologi informasi untuk semakin menyebar luaskan produk-produknya. Hal ini dilakukannya ketika banyak perusahaan serupa yang masih menerapkan sistem tradisional.

Itulah beberapa fakta dari Ir Unggul Abinowo yang tepat pada 19 Juli yang akan datang merupakan 100 hari dimana meninggalkan kita semua. Lewat tulisan ini, jajaran direksi MalangTODAY net mengajak pembaca untuk ikut mendoakan Bapak Unggul supaya diampuni dosa-dosanya, dilapangkan kuburnya, dan mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.