Masya Allah, Ini 5 Al Quran Terunik yang Dimiliki oleh Indonesia
Al quran mini (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Bagi umat Islam, Al Quran merupakan peganggan hidup untuk menjalani kehidupan di dunia ini. Semestinya, kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dibaca dan diamalkan isinya.

Terlebih ketika bulan suci Ramdhan, umat Islam harus lebih giat lagi dalam mempelajarinya.

Berbicara mengenai Al-Quran memang tidak hanya memiliki keistimewaan saja. Tapi juga memiliki beragam bentuk tersendiri. Seperti yang dimiliki oleh beberapa daerah di Indonesia ini, Al Qurannya sangat indah dan membuat orang yang melihatnya terpana.

Memang seperti apa sih bentuk Al Quran tersebut dan dari daerah mana saja? Yuk, simak ulasannya!

  1. Al Quran Marmer, Pekalongan

Al Quran marmer (Istimewa)

Jika biasanya ayat-ayat Al Quran ditulis di kertas, berbeda dengan Al Quran di Masjid Al Muhtarom, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah ini. Lembaran-lembaran ayat Al Quran di masjid ini tertulis dalam bebatuan marmer berukuran 60×90 cm dengan ketebalan kira-kira 2 cm. Al-Quran dibuat oleh Hidayat Siba, pengrajin prasasti yang berasal dari Kota Kajen.

  1. Al Quran Ukiran Kayu, Palembang

Al Quran ukir (Istimewa)

Tak hanya dari marmer, ada juga loh Al Quran yang terbuat dari dari bilah-bilah kayu. Di sini,  semua ayat Al-Quran tidak ditulis, akan tetapi dipahat dengan indah di permukaan papan kayu yang berukuran 177 x 140 centimeter. Karena Al-Quran tersebut dipahat, maka waktu membuatnya pun cukup lama, yakni mulai tahun 2002 sampai dengan 2008.

  1. Al Quran Terbesar yang Ditulis Tangan, Wonosobo

al quran terbesar yang ditulis tangan @flickr.com

Al Quran yang satu ini tetap mempertahankan keasliannya dengan ditulis menggunakan kertas. Hanya saja, kertas yang digunakan untuk menulis berukuran besar sehingga menghasilkan Al Quran dalam ukuran besar.

Mungkin sebagian dari kalian akan berpikir bahwa kitab besar satu ini dicetak menggunakan printer. Tapi, anggapanmu itu keliru sebab Al-Quran Akbar Wonosobo ditulis menggunakan tangan. Penulisnya bernama Hayatudin dan dibantu rekannya yaitu Anas sebagai penghias mushafnya.

  1. Al Quran Mini yang Menggunakan Tinta Emas, Polewali Mandar

Pada umumnya, Al-Quran yang kita temui biasanya berukuran paling kecil sebesar 14 x 9 cm. Namun ternyata, ada mushaf lain yang ukurannya lebih kecil yakni; 3×2 cm. Kitab satu ini dimiliki oleh Asrul, orang Polewali Mandar, Sulawesi Barat yang mengaku kalau Al-Quran tersebut sudah menjadi warisan turun temurun.

Keistimewaan lain yang dimiliki oleh kitab mini tersebut adalah tulisan Arabnya menggunakan tinta emas dan merupakan hasil goresan tangan. Kebayang gak sih gimana membuatnya?

  1. Al Quran Terindah-Mushaf Istiqlal, Jakarta

Mushaf Istiqlal @rul-sq.info

Al Quran yang disebut Mushaf Istiqlal ini melibatkan para perancang yang sangat mumpuni. Tim pembuatnya terdiri dari para Khattat (penulis indah) dan pakar desain grafis Institut Teknologi Bandung (ITB).

Tim pembuat Al-Quran ini rela menghabiskan waktu selama empat tahun hanya untuk menghasilkan mushaf yang indah dan juga berkualitas. Kalau kalian ingin melihatnya, kitab ini dihadirkan pada pameran Al-Quran Exhibition yang berada di Pasaraya Blok M, Jakarta.

Itulah kelima Al Quran unik yang dimiliki Indonesia. Meskipun masing-masing memiliki keunikan tersendiri tentunya isinya sama saja, dan sama-sama merupakan pedoman bagi kita.

ah, alangkah lebih baik lagi jika di bulan Ramadan ini kita tidak malas untuk membacanya. Selain kita akan mendapatkan pahala sebanyak 700 kali lipat, Al Quran ini juga menjadi penyelamat kita saat di Padang Masyar nanti. Jadi, yuk bekali diri dengan mengaji! (End)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.