Pakar kesehatan tidak menganjurkan berbuka puasa dengan mie intas karena mengedepankan masalah pencernaan @vebma
Pakar kesehatan tidak menganjurkan berbuka puasa dengan mie intas karena mengedepankan masalah pencernaan @vebma

MALANGTODAY.NET – Mie instan memang sudah akrab di kalangan mahasiswa manapun, tak terkecuali mahasiswa yang berada di Malang. Rasanya yang nikmat dan memasaknya yang mudah, membuat makanan ini digemari banyak orang. Namun, saat bulan puasa begini, apakah mie instan baik dikonsumsi saat berbuka?

Tidak hanya mie instan, olahan mie apapun, misalnya mie ayam dan sejenisnya, kadang juga menggugah selera. Apalagi saat perut kosong, kenikmatan mie memang tiada duanya.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, menu mie instan dan olahan mie yang lain tidak dianjurkan sebagai menu utama saat berbuka puasa. Hal ini mengedepankan masalah pencernaan. Perut yang selama seharian kosong karena puasa, tiba-tiba harus bekerja keras dengan masuknya mie intans.  Hal tersebut bisa membuat perut terasa tidak nyaman.

Pakar kesehatan Edwin Lau mengatakan bahwa kandungan gluten di dalam mie akan mengendap di dasar lambung dan membutuhkan proses yang lama untuk mencernanya. Jika kandungan gluten terlalu tinggi, maka akan mengganggu sistem kerja lambung.

Mie instan juga mengandung serat yang rendah, sehingga asupan serat dalam tubuh bisa saja tidak terpenuhi. Mie instan juga sangat sulit menyerap nutrisi lain dari makanan yang sehat, sehingga membuat tubuh kekurangan energi dan mengakibatkan malas dalam beraktivitas.

Selain mie instan, pakar kesehatan juga tidak menganjurkan memakan junk food saat berbuka puasa. Sudah menjadi rahasia umum bahwa junk food kaya akan lemak dan kalori yang tinggi. Hal tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Dengan alasan yang sama, mie instan juga tidak dianjurkan dikonsumsi saat sahur. Pastikan menu sahur banyak mengandung nutrisi yang cukup, karbohidrat, serat, protein, dan vitamin, sehingga mampu membantu aktivitas selama puasa berlangsung.

Nah, Zens, itulah sisi buruk makan mie instan saat buka puasa. Sudah berapa kali berbuka dengan mie instan? Yuk, mulai peduli dengan kesehatan kita! (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.