ilustrasi @mamikos
ilustrasi @mamikos

MALANGTODAY.NET – Menjadi anak kos memang tidak mudah. Segala aktivitas harus dilakukan sendiri, misalnya mencuci baju, membeli makanan, sampai mengatur keuangan.

Hal terakhir tersebut memang sangat lekat dengan anak kos. Sebab, kiriman uang tidak selalu banyak dan kadang kala tidak tepat waktu pula. Alhasil, anak kos juga harus pandai berhemat untuk meminimalkan pengeluaran sampai akhir bulan.

Bulan puasa sejatinya bisa dimanfaatkan untuk mengatur keuangan dengan baik. Namun, rencana tersebut kadang kala tidak berhasil lantaran godaan takjil, ngabuburit, atau buka bersama yang semakin kuat. Maka, anak kos perlu pengaturan pemasukan supaya tidak jebol sebelum waktunya.

Tulisan ini akan menyajikan hal tersebut. Bagi anak kos, kalian wajib menyimak dan bagi yang tidak, tidak ada salahnya untuk diterapkan dalam kehidupan!

Kontrol menu makanan selama bulan puasa
Ilustrasi @idntimes
Ilustrasi @idntimes

Nafsu makan saat bulan puasa biasanya meningkat lebih tajam dari biasanya. Sehingga, membeli makanan menjadi tidak terkontrol.

Kamu sebagai anak kos bisa saja membuat rencana menu makanan salama bulan puasa. Hal ini dinilai efektif dibanding tidak melakukannya sama sekali. Buatlah rencana makana apa saja yang akan kamu santap saat berbuka, usai salat tarawih, dan sahur. Cantumkan harga yang seuai standar untuk mengestimasi biaya pengeluaran.

Buat makanan buka dan sahur yang sederhana
Ilustrasi @liputan6
Ilustrasi @liputan6

Anak kos biasanya kreatif, apalagi soal masak-memasak. Tidak ada salahnya kreativitas memasak itu dikembangkan saat bulan puasa.

Sebagai anak kos, memasak memang menjadi hal yang baik untuk mengestimasi pengeluaran. Kamu bisa memasak dengan menu-menu yang sederhana, misalnya membuat bakwan jagung, sayur sop, tempe goreng. Agar lebih nikmat, sertakan sambal sebgai pelengkap.

Jangan sungkan menolak buka bersama (buber)
Ilustrasi @hipwee
Ilustrasi @hipwee

Buka bersama seolah menjadi kegiatan wajib saat bulan puasa. Hal ini terlihat hampir di semua lini kehidupan, tidak peduli masyarakat tua maupun muda.

Bagi anak kos, buka bersama kadang menjadi masalah besar. Apalagi hal itu dilakukan menjelang akhir bulan atau lebaran. Padahal, kondisi keuangan pada saat itu, kadang, sedang tidak baik. Maka, bagi kamu anak kos tidak ada salahnya untuk tidak hadir dalam kegiatan tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi pengeluaran tidak terduga, misalnya tugas kuliah yang harus dipikirkan juga.

Alokasi dana untuk belanja
Ilustrasi @indonesiainside
Ilustrasi @indonesiainside

Keuangan anak kos kadang tidak sampai untuk belanja keperluan lebaran. Namun, jika kamu memilikinya dengan cukup, bisa juga merencanakan atau mengalokasikan dana untuk belanja lebaran. Tidak ada salahnya menyisihkan uang untuk keperluan pakaian dan gaya hidup. Asal, kebutuhan yang lain juga terpenuhi dengan baik.

Berburu takjil
Ilustrasi @tribunnews
Ilustrasi @tribunnews

Aktivitas ini memang sangat menyenangkan. Sebab, biasanya, makanan  yang tersedia beragam dan memiliki rasa yang enak. Selain itu, makanan tersebut disediakan secara gratis. Siapapun pasti akan tergoda untuk mengikutinya.

Masjid memang menjadi lokasi yang dinanti-nantikan anak kos saat Ramadan tiba. Tidak hanya untuk beribadah, anak kos juga bisa menikmati takjil dan makanan di sini. Hal ini tentu bisa menghemat pengeluaranmu selama Bulan Ramadan.

Nah, Zens demi kebaikan bisa juga menerapkan lima hal di atas untuk menghemat pengeluaranmu. Paling tidak, masih ada sisa keuangan sampai Ramadan usai. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.