Penyakit Saat Musim Hujan Inspirasi(dot)co
Penyakit Saat Musim Hujan @Inspirasi

MALANGTODAY.NET Datangya musim hujan harus kita waspadai. Pasalnya, akan ada beberapa penyakit yang berpotensi menyerang kesehatan kita selama musim tersebut. Berikut adalah rangkuman beberapa penyakit tersebut:

1.       Influenza

Flu sudah mulai banyak menyerang saat musim pancaroba. Pada musim pancaroba tubuh butuh penyesuaian antara musim panas dan musim hujan. Ketika sudah masuk musim hujan, flu tetap berpotensi tinggi untuk menyerang. Sebab, virus influenza akan menyebar dengan mudah di suhu udara yang dingin saat musim hujan.

Salah satu cara menghindari serangan flu yaitu dengan tidak berhujan-hujanan dan menjaga pola makan dengan baik supaya kondisi tubuh tidak menurun. Ciri terkena flu yaitu sakit kepala, bersin terus menerus, batuk, hidung tersumbat.

2.       Diare

Selain flu, masih ada diare. Diare disebabkan karena penyerapan air di usus tidak maksimal. Air yang masuk ke dalam tubuh akan terus dibuang. Akibatnya tubuh akan kekurangan cairan. Kondisi lingkungan saat hujan juga menyebabkan bakteri penyebab diare berkembang dengan baik.

Untuk mengantisipasinya, kita harus menjaga kebersihan makanan yang akan kita konsumsi. Cirinya terkena diare yaitu frekuensi buang air besar terlalu sering dan tidak dapat kita kendalikan.

3.       Demam berdarah

Penyebab dari penyakit ini adalah nyamuk Aedes aegypti. Ciri nyamuk ini yaitu tubuhnya yang belang hitam putih. Saat musim hujan, perkembangbiakannya lebih banyak. Biasanya mereka muncul dan berkembang biak di sekitar genangan air. Oleh karena itu pemerintah menggencarkan gerakan 3M, yaitu mengubur, menguras, dan menutup.

Ciri orang menderita demam berdarah yaitu demam tinggi yang tidak stabil, muncul bintik-bintik merah dikulit, muntah.

4.       ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)

Menurunnya daya tahan tubuh harus diimbangi dengan mengonsumsi nutrisi secara cukup. Dikutip dari Kompas, ISPA dapat dicegah dengan cara menjaga udara tetap bersih. Ciri terinfeksi ISPA adalah sering bersin, hidung berarir.

Infeksi oleh bakteri dan virus ini bisa menular ke orang sekitar melalui batuk dengan tidak menutup mulut dan meludah sembarangan.

5.       Tifus

Salmonella typhi bisa masuk ke tubuh kita akibat sanitasi yang kurang baik saat hujan. Biasanya penyakit ini akan menyerang ketika kita mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak higienis. Ciri kalau sudah terjangkit tifus yaitu demam tingi, diare, sakit kepala, sakit perut.

Kalau sudah ke tifus, tubuh akan demam dan harus istirahat total dulu. Beraktivitas sedikit aja udah bikin demam tinggi lagi.

Kontributor: Almira Sifak Fauziah Narariya

(zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda