Uitimate, Teknik Mengapung di Atas Air Bagi yang Tidak Bisa Berenang
Teknik Uitimate

MALANGTODAY.NET – Terjebak di dalam air, seperti bencana banjir memang tak jarang menghantui siapapun. Terutama bagi mereka yang tidak bisa berenang. Tapi tenang guys, cerita beda akan kalian dapat dengan menggunakan teknik Uitemate, atau teknik mengapung yang pertama kali ditemukan ilmuan asal Jepang, dan kini tengah dipelajari di Asia Tenggara.

Teknik mengapung di atas air ini sebenarnya sempat ditayangkan dibeberapa film loh, dan kita bisa mencobanya dengan lebih sederhana. Seperti menggunakan barang-barang ringan untuk membantu kita mengapung, salah satunya botol plastik.

Seperti diberitakan Asahi dan Japantimes, Konsep yang dicetuskan Profesor Hidetoshi Saito ini sangat sederhana namun efektif. Banyak korban tenggelam jatuh kedalam air ketika berpakaian lengkap, dan karenanya penting bagi kita untuk mengetahui cara agar tetap bisa mengambang di permukaan dengan kondisi tersebut.

Salah satu peristiwa mencengangkan dan menakjubkan pernah terjadi saat Jepang dihantam Tsunami pada 11 Maret 2011. Ketika itu, murid-murid SD di Prefektur Miyagi selamat dari tenggelam karena menggunakan teknik Uitemate.

Saat gempa terjadi, mereka dievakuasi ke gedung olahraga, namun tak lama kemudian mereka terjebak air tsunami yg masuk kedalam gedung dan air makin lama makin meninggi. Ketika bencana berlalu, para rewalan dibuat takjub.

Seorang guru mengatakan, mereka selamat karena menggunakan teknik Uitemate untuk mengapung. Kebetulan teknik ini telah dipelajari pada saat pelajaran renang. Teknik ini memang telah diajarkan di seluruh Sekolah Dasar di Jepang. Ide dari Profesor muncul ketika ia melihat daun yg mengapung di air.

Sementara itu, para ahli mengatakan, seseorang dapat dengan mudah mengapung di permukaan air seperti layaknya binatang berang-berang, dengan hanya memegang sesuatu seperti botol plastik kosong.

Sehingga, ketika terjatud di dalam air seseorang disarankan untuk tenang dan tidak berusaha berenang dan melambaikan tangan ke atas untuk minta tolong. Karena tangan yang mengarah ke atas sebenarnya hanya akan membuat seseorang mudah tenggelam. Artinha, tindakan yg harus dilakukan adalah berusaha agar tetap mengapung dengan memakai teknik Uitemate dan tunggulah hingga bantuan datang.

Berikut Teknik Uitemate yang dapat kita praktikkan dikutip dari duniaberbicara.com :

1. Tenang dan santai, apabila Anda telah terjun ke dalam air, hal yg pertama perlu untuk dilakukan adalah bersikap tenang. Jangan panik, panik hanya akan membuat anda semakin tenggelam.

2. Rentangkan tangan dan kaki, usahakan setenang mungkin untuk tidur terlentang di air sambil merentangkan tangan dan kaki. Kurangi gerakan-gerakan yg bisa membahayakan diri Anda.

3. Pandangan menatap ke atas, untuk melancarkan sistem pernafasan Anda, hal yang dilakukan pada teknik satu ini adalah wajah dan pandangan mata menatap ke atas kemudian bernafas seperti biasa.

4. Teknik jika memakai sepatu, biarkan sepatu Anda terpasang*, berat sepatu tersebut akan bisa membantu mengapung.

5. Gunakan Botol kosong. Jika ada botol kosong di dekat Anda gunakan botol kosong tersebut untuk didekap pada atas dada Anda, hal ini akan semakin membantu proses mengapung.⁠⁠⁠⁠

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here