Ilusrasi mentimun (Istimewa)

MALANGTODAY.NET– Masyarakat Indonesia pada umumnya mengenal mentimun sebagai sayuran pelengkap untuk menemani saat menyantap sebuah hidangan, baik nasi goreng, bakmi, dan hingga pecel.

Selain itu tak jarang mentimun juga dimanfaatkan untuk masalah kecantikan dengan menggunakannya sebagai masker wajah.

Namun, siapa sangka sayuran bernama latin Cucumis sativus ini ternyata menyimpan manfaat yang sangat besar untuk kesehatan. Berikut tiga manfaat mentimun untuk kesehatan manusia.

Baca Juga: Manfaat Tersembunyi Biji Semangka yang Tak Diketahui Banyak Orang

  1. Menghilangkan racun

Kepala Puskesmas Bareng, dr. Muhammad Zamroni mengungkapkan bahwa selain dapat digunakan sebagai masker, mentimun dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan racun. Hal ini disebabkan kandungan vitamin yang terkandung di dalamnya mampu membantu mengeluarkan racun dan zat sisa pada tubuh.

“Selain itu, mentimun juga mampu melancarkan pencernaan dan membakar lemak,” ungkap Zamroni sapaan akrabnya, Kamis (17/05). Ia juga menjelaskan bahwa mengkonsumsi mentimun secara teratur akan merangsang penguatan metabolisme tubuh dan membakar lemak ekstra dengan lebih mudah.

  1. Mengatasi dehidrasi

Jika Anda mengalami dehidrasi akibat kehilangan cairan tubuh, dapat diatasi dengan mengkonsumsi mentimun. Hal ini disebabkan mentimen memiliki 95 persen kandungan air yang mampu mengantikan cairan tubuh yang hilang.

Baca Juga: Hadapi Resiko Terburuk, PSC 119 Agendakan Rekrut Tim Dokter

  1. Menghilangkan bau mulut

Sedangkan fungsi ketiga adalah menghilangkan bau mulut. Dengan mengulum mentimun selama 30 menit maka dapat menghilangkan bau mulut.

“Jadi manfaatnya memang banyak sekali selain dipakai untul masker,” ungkap dr. Muhammad Zamroni.


Reporter: Choirul Anwar
Editor   : Endra Kurniawan

Loading...