Ilustrasi tidur tidak nyenyak (Istimewa)
Ilustrasi tidur tidak nyenyak (Istimewa)

MALANGTODAY.NET Bukan hanya barang, tidur juga memerlukan kualitas. Agar mendapatkan kondisi tidur yang nyaman, kamu pasti membersihkan dan merapikan kamar tidur sedemikian rupa. Jika benar sudah melakukan itu, apakah tidurmu seringkali terasa tidak nyaman?

Bukan melulu soal lingkungan, coba cek aktivitas kamu sebelum tidur. Apalagi kamu yang mager alias males gerak seperti libur panjang saat ini pasti melakukan berbagai aktivitas di atas ranjang. Jika memang berpikir seperti itu, lantas apa saja aktivitas mengganggu tersebut?

Berikut MalangTODAY.net akan menjabarkannya!

1. Olahraga berat

Olahraga memang menyehatkan, apalagi memanfaatkan waktu luang saat liburan seperti ini. Namun di sisi lain, jika melakukannya secara berlebihan maka akan tidak baik juga. Pemulihan diri dari olahraga berat tersebut membutuhkan banyak energi.

Aktivitas itulah yang merangsang otak dan tidurpun menjadi tidak nyaman. Sebaiknya kamu melakukan olahraga yang ringan. Kalaupun ingin sedikit lebih banyak porsi olahraganya, kamu bisa lakukan beberapa jam sebelum tidur.

2. Bertengkar

Hormon adrenalin dan aliran darah akan lebih cepat ketika bertengkar. Belum lagi jika kamu masih memikirkan masalah tersebut sebelum kamu terlelap. Hal ini otomatis akan mengganggu tidur.

Jika memang pertengkarang terlanjur terjadi, pastikan kedua pihak untuk terlebih dahulu menyelesaikan dan menenangkan satu sama lain

3. Minuman berkafein

Liburan biasanya sering dimanfaatkan untuk nongkrong. Kedai kopi pun menjadi pilihan yang menarik. Namun seperti yang kita banyak ketahui, kafein dalam kandungan kopi akan mempengaruhi saraf dan mengusir rasa kantuk.

Solusinya tentu saja kamu bisa mengganti minuman lain yang lebih menenangkan. Seperti air putih hangat, teh hangat, atau susu hangat.

4. Merokok

Masih dari anak tongkrongan, terutama kali ini bagi kamu yang perokok. Sebagai informasi, zat strimulan dalam rokok bisa mengacaukan pola tidur kamu. Belum lagi zat nikotin yang menyebabkan sulit bangun pagi.

Permen karet bisa menjadi solusi yang pas jika kamu menginginkan sesuatu yang berbau manis atau semacamnya.

5. Bermain ponsel

Mager saat liburan biasanya dimanfaatkan dengan bermain ponsel. Aktivitas ini juga terbawa-bawa saat tidur. Padahal secara tidak langsung radiasi dan cahaya biru yang timbul dari layar ponsel maupun perangkat elektronik lainnya sangat membuat mata tidak nyaman.

Baca Juga  Awas Bangun Pagimu Nggak Akan Nikmat Karena 3 Hal Ini!

Jika memang kamu menginginkan suatu aktivitas ringan sebelum tidur, kamu bisa coba membaca buku.

Libur telah tiba. Jadi isilah dengan hal-hal yang positif. Agar kamu juga bisa tetap prima menghadapi kenyataan hidup setelah libur berakhir.


Penulis: Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.