Tiup Terompet di Tahun Baru Bisa Bikin Kanker Mulut?
Ilustrasi terompet tahun baru @MerahPutih

MALANGTODAY.NET – Terompet adalah salah satu properti wajib yang selalu ada di setiap malam perayaan tahun baru. Pada saat yang bersamaan pula, kerap beredar isu yang menyebutkan beberapa penyakit berbahaya seperti kanker mulut, hepatitis, HIV, hingga TBC ditularkan melalui terompet.

Dilansir dari Tempo.co, Minggu (30/12/2018), Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), Ari Fahrial Syam, menyebutkan bahwa kabar tersebut tidak benar adanya. Dalam kacamata medis virus yang menyebabkan kanker mulut hanya bisa menular melalui mulut dan aktivitas seksual seperti oral seks misalnya.

Adapun penggunaan alat-alat seperti alat makan, sedotan, dan terompet tahun baru dikatakan tidak akan menyebabkan penularan kanker. Pasalnya, kanker mulut disebabkan oleh virus Human Papilloma (HPV) yang hanya bisa ditularkan secara langsung, bukan melalui perantara.

“Betul memang penyebab dari kanker mulut disebabkan oleh virus yang kita namakan virus Human Papilloma (HPV) (…) Termasuk juga orang yang meniup terompet yang habis ditiup oleh orang yang terinfeksi virus ini tidak dapat tertular infeksi tersebut,” ujar Arie.

Mengenai kabar hoax yang rutin tersebar menjelang tahun baru, Arie menyebutkan bahwa orang awam sekalipun sudah bisa mencerna apakah isu tersebut hoax atau tidak. Umumnya, kebanyakan orang menilai berita itu tidak benar.

“Jika membaca informasi tersebut orang awam pun sebenarnya sudha bisa mengambil kesimpulan bahwa berita tersebut tidak benar,” ungkapnya.


Penulis : Radea Hafidh
Editor : Radea Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.