Tiup Terompet di Tahun Baru Bisa Bikin Kanker Mulut?
Ilustrasi terompet tahun baru @MerahPutih

MALANGTODAY.NET – Pesan berantai terkait penularan penyakit melalui tiupan terompet selalu beredar setiap menjelang tahun baru. Disembutkan dalam pesan tersebut jenis-jenisnya pun beragam mulai dari TBC/TB (Tuberkulosis), kanker mulut, bahkan HIV AIDS.

Dokter spesialis paru RSUP Persahabatan, dr RR Diah Handayani, SpP(K) melalui laman DetikHealth mengatakan bahwa beberapa jenis kuman dalam hal ini penyakit TB bisa menular lewat udara. Resiko yang perlu diwaspadai ialah ketika trompet yang digunakan secara bergantian dengan seseorang yang sedang sakit.

Baca Juga  Ingat Pesan Dokter Paru Ini Agar Tidak Tersedak Saat Tiup Terompet Tahun Baru

“Sebenarnya saya juga sih tidak menganjurkan untuk membeli terompet. Namun bila tetap ingin membeli sebagai alat mmeriahkan tahun baru, perhatikan kondisi fisik terompet yang akan dibeli dengan teliti dan benar,” ujar dr Diah.

Agar selalu dalam kondisi baik, dr Dian menyarakan untuk tidak membeli terompet yang lapuk. Perhatikan juga tanda-tanda yang sekiranya terompet tersebut telah dicoba orang lain sebelumnya, misalnya basah pada bagian ujung.

“Lebih baik lagi juga bisa beli terompet yang jenis plastik, supaya mudah untuk mengelap ujung terompet dengan tisu antiseptik misalnya, atau juga bisa yang dipencet-pencet saja terompetnya jadi nggak perlu ditiup-tiup,” ucap dr Diah.

Sementara untuk risiko kanker mulut, konsultan saluran cerna Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FINASIM, memastikan tidak benar adanya alias hoaks. Ia bahkan meyakini, sudah banyak yang tahu kabar itu tidak benar.

Baca Juga  Penjual Terompet Semakin Menjamur Menjelang Tahun Baru

“Kanker termasuk kanker mulut, lidah atau kanker darah tidak dapat menular dari satu orang ke orang lain,” kata dr Ari.

Virus Human Papilloma Virus (HPV), menurutnya juga berperan dalam berbagai kasus kanker mulut. Akan tetapi virus ini ditularkan bukan melalui tukar menukar suatu barang atau dalam hal ini terompet.


Penulis : Ilham Musyafa
Editor : Ilham Musyafa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.