Kolang-kaling @manjadda
Kolang-kaling @manjadda

MALANGTODAY.NET – Orang Indonesia tentu familiar dengan kolang-kaling. Biji buah aren ini memang jamak ditemukan di pasaran. Rasanya yang enak dan bertekstur kenyal, membuat kolang-kaling banyak dijadikan campuran beragam es atau kolak.

Biasanya, saat Ramadan, kolang-kaling juga dimanfaatkan untuk campuran takjil. Ada es campur, es buah, sampai kolak pisang atau kacang hijau juga kerap dicampuri kolang-kaling ini.

Namun, tahukah kalian kalau kolang-kaling itu memiliki segudang manfaat yang cocok bagi tubuh. Selain itu, kolang-kaling juga sangat baik dikonsumsi saat menjalankan puasa begini. Apa saja manfaatnya? Berikut seperti disarikan dari berbagai sumber.

Proses pengupasan kolang-kaling @tribunnews
#memperlancar pencernaan

Setiap 100 gram kolang-kaling mengandung sekitar 1,6 gram serat kasar atau serat tidak larut. Serat ini berguna untuk mendukung pergerakan sistem pencernaan dan meningkatkan masa fases, sehingga sangat bermanfaat bagi kalian yang sedang mengalami sembelit.

#menambah asupan air pada tubuh

Tubuh manusia memang membutuhkan banyak air. Selain minum, kolang-kaling bisa menjadi alternatif untuk menambah air dalam tubuh.

Kadar air yang tinggi, vitamin, dan mineral, mampu membantu menghidrasi tubuh. Jadi, sangat baik juga membantu kalian yang sedang mengalami dehidrasi.

#mencegah osteoporosis

Bukan hanya susu, kolang-kaling juga bisa mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Hal ini karena kolang-kaling memiliki kandung kalsium yang tinggi, sehingga sangat baik untuk menguatkan tulang. Kolang-kaling juga baik untuk pertumbuhan tulang.

#baik untuk jantung, diabetes, dan anemia

Tiga penyakit ini memang menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Namun, kolang-kaling bisa membantu mencegah penyakit-penyakit tersebut.

Kandungan serat yang tinggi, dapat memicu penyakit arterioclerosis pada jantung. Serat ini mampu membantu membersihkan pembulu darah dari kolestrol, sehingga kolang-kaling baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung.

Kandungan zat besi di dalam kolang-kaling merupakan komponen dari hemoglobin yang bermanfaat memasok oksigen ke berbagai jaringan tubuh melalui sirkulasi darah. Jika zat besi tercukupi, maka dapat mencegah penyakit kekurangan darah.

Kolang-kaling juga mengandung insulin pada penderita diabetes. Hormon insulin ini sangat bermanfaat menjaga kadar gula tetap stabil.

#menyehatkan kulit dan mencegah obesitas

Dua hal ini penting, terutama wanita. Kandungan kolagen di dalam kolang-kaling membantu dalam peremajaan kulit. Sehingga kalian yang mau tetap awet muda, wajib mengonsumsi buah ini.

Selain itu, kolang-kaling juga mengandung gelatin. Gelatin ini dapat menekan nafsu makan berlebihan. Sangat cocok bagi kalian yang menjalankan program diet.

Untuk diketahui, kandungan air di dalam kolang-kaling sekitar 93 persen. Selain itu, kolang-kaling juga mengandung karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan mineral seperti protasium.

Berbagai kandungan ini sangat baik untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.