4 Makanan Sehari-hari Ini Dapat Sebabkan Kanker
Ilustrasi Minuman Soda (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Penelitian terbaru dari Swedia mengungkapkan, orang yang terlalu banyak konsumsi minuman soda dapat terkena kanker empedu.

Selama 13 tahun, para peneliti memantau makanan dan minuman yang dikonsumsi masyarakat Swedia, mencakup 70 ribu peserta ini bisa melipatgandakan saluran biner kanker.

Minuman bersoda yang mereka konsumi berlebih memiliki risiko 79 persen menyebabkan terkena kanker kantung empedu.

Dampak tersebut umumnya disebabkan oleh kandungan pemanis buatan atau aspartam yang bisa juga memicu penyakit gula darah dan obesitas.

Ditemukan sebanyak 150 orang terdiagnosa kanker empedu. Setelah diteliti, penderita kanker memang terbiasa mengkonsumsi minuman yang bersoda.

Dikutip dari Reuters, orang-orang yang meminum soda dua kaleng atau lebih tiap hari juga punya kebiasaan buruk dengan tidak memerhatikan asupan bergizi sehari-hari. Risiko ini yang memungkinkan seseorang terkena kanker empedu jadi lebih tinggi.

Peneliti juga menguji hal lain dengan memeriksa seseorang yang punya berat badan berlebih dan berat badan normal. Ternyata keduanya memiliki risiko kanker empedu yang sama.

Dikutip Elitedaily, alasan medis mengapa minuman soda dapat memicu kanker empedu sebenarnya masih perlu ujicoba lebih lanjut.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.